DETAIL KOLEKSI

Desain komunikasi visual tombol pada windows 7 dalam membangun komunikasi dengan pengguna


Oleh : David Setiabudi

Info Katalog

Nomor Panggil : 0001/T/2013

Subyek : Computer - User friendly;Product design - Computer

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Yusuf Affendy D

Pembimbing 2 : Acep Iwan saidi

Kata Kunci : Computer, wimdows 7

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TS_MDP_191100045_Halaman-Judul.pdf 21
2. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-1.pdf 13
3. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-2.pdf
4. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-3.pdf
5. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-4.pdf
6. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-5.pdf
7. 2012_TS_MDP_191100045_Bab-6.pdf
8. 2012_TS_MDP_191100045_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2012_TS_MDP_191100045_Lampiran.pdf

P Perkembangan Desain Komunikasi Visual semakin berkembang pesat, mulai dari media cetak hingga ke media elektronik. Media elektronik tersebut seperti televisi, handphone, dan komputer. Membuat suatu desain komunikasi visual di komputer tentulah berbeda dengan di televisi atau di koran. Hal mendasar yang membedakan adalah interaktivitas, dimana pengguna dapat menangkap pesan yang disampaikan media komputer dan melakukan reaksi balik kepada media komputer tersebut. Terjadilah suatu ‘komunikasi’ diatara komputer dengan manusia. Pencipta software atau program pada jaman dahulu hanya berupa text-text saja, kemudian dengan adanya perkembangan tekhnologi dari Steve Jobs (Apple Mac) maka tercipta sebuah Graphic User Interface dimana program komputer tersebut dapat berupa sebuah tampilan grafis yang nyaman digunakan. Suatu grafis yang didesain agar bisa berkomunikasi dengan manusia lebih mudah. Peneliti memilih meneliti suatu multimedia interaktif komputer yang terkenal, mendunia, dan terkini yaitu Windows 7. Penulis meneliti bagaimana tampilan grafis Windows 7 berkomunikasi dengan penggunanya. Diteliti dan dikaitkan dengan studi ilmu-ilmu desain yang telah dipelajari, studi literatur, serta melakukan berbagai macam survey. Penulis meneliti bagaimana tampilan awal pembukaan windows (desktop) berkomunikasi dengan pengguna. Bagaimana pengguna bisa secara langsung tahu mana tombol yang bisa diklik dan mana yang background yang tidak bisa diklik. Jawaban itu diperoleh dengan menggabungkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut : Bagaimana trik Windows berkomunikasi pengguna bahwa grafik yang disentuh kursor adalah sebuah tombol yang bisa diklik? Bagaimana pola pikir yang ada di dalam benak manusia, dikaitkan dengan teori Gesthalt. Penjabaran pendeskripsian objek menurut teori Semiotika Roland Barthes. Elemen-elemen desain yang ada seperti garis, bentuk, warna, dan lain-lain berkaitan dengan tampilan desktop windows itu, mempertanyakan apakah tampilan grafisnya kaya akan elemen-elemen tersebut sehingga menjadikannya populer, dan user friendly dengan pembahasan teori komunikasi dan psikologi akan menjadikan penelitian akan Windows 7 ini lebih menarik

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?