DETAIL KOLEKSI

Perancangan karakter dari cerita berdirinyan Maharajah dalam video game ( studi visualisasi kisah Masa Raden Wijaya)


Oleh : Adriel Baruch

Info Katalog

Nomor Panggil : 0004/T/2016

Subyek : Visual perception in art;Computer art

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Dharsono

Pembimbing 2 : Yusuf Affendi D

Kata Kunci : Video game, Maharajah, Raden Wijaya,

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2015_TA_191131002_Halaman-Judul.pdf
2. 2015_TA_191131002_Bab-1.pdf
3. 2015_TA_191131002_Bab-2.pdf
4. 2015_TA_191131002_Bab-3.pdf
5. 2015_TA_191131002_Bab-4.pdf
6. 2015_TA_191131002_Bab-5.pdf

S Sejarah seringkali menjadi momok bagi setiap murid-murid di Indonesia,padahal seringkali sebuah negara dinilai dari sejarahnya. Hal tersebut mempunyaiberbagai penyebab, salah satunya adalah metode pengajaran satu arah yangberlaku hampir di seluruh Indonesia. Metode yang tidak dirancang adanyainteraksi antara guru dan murid tersebut tidak memberikan ruang interprestasi,sehingga para murid tidak terlatih untuk berpikir secara analistis.Menimbang hal-hal di atas, penulis memutuskan untuk menggunakanvideo game sebagai sebuah metode alternatif pembelajaran sejarah, karena videogame pada masa kini merupakan salah satu bagian dari kehidupan murid,khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar. Untuk itu penulis mengangkatcerita tentang berdirinya Kerajaan Majapahit sebagai inti cerita dari video gameyang akan dirancang, karena Majapahit memiliki pengaruh yang besar dalampembentukan budaya Indonesia pada masa kini.Cerita yang diangkat pada perancangan karakter video game ini memilikirentang waktu dari jatuhnya kerajaan Singhasari sampai berdirinya Majapahitdengan Raden Wijaya sebagai fokus utama dari alur cerita di dalam video gameini. Selain itu, bentuk visual yang ditentukan oleh penulis adalah visual dengangaya anime, karena pada masa kini banyak murid yang menyukai anime. Olehsebab itu, penulis melihat bahwa anime dapat menjadi sebuah nilai jual yang besardalam perancangan karakter pada video game ini.

H History is often become something that scares the student in Indonesia,eventhough a nation is often assessed by their history. That matter has a lot ofcause, one of them is the one way teaching method which applied to almost allover the nation. That method which is not designed to have an interaction betweenteacher and student leave no room for interpretation, with the result that thestudent is not trained to think analytically.Considering all the things above, the writer decide to use video game as analternative method to learning history, because in this generation video game is apart of the life of the student, especially for those who lives on big city. For that,the writer adopt the story of the rise of Majapahit Kingdom as the core of thevideo game that will be designed, because Majapahit Kingdom have a very biginfluence in shaping the Indonesian culture today.The story adopted for designing the character of this video game have atime span from the fall of Singhasari Kingdom to the rise of Majapahit Kingdomwith Raden Wijaya as the main focus of the story in this video game.Furthermore, the visual appearance that decided by the writer is a visual with ananime style, because in this generation there is a lot of student that like anime.Because of that, the writer see that the anime can be a big selling point oncharacter design in this video game.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?