Kajian pengenalan identifikasi budaya pada produk sepeda anak roda tiga : studi kasus sepeda merek Family buatan Indonesia
D Desain untuk meningkatkan kualitas hidup dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi serta dapat membentuk atau memberikan atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada merek suatuproduk. Berdasarkan penelitian eksplorasi terhadap 100 pembeli sepeda merek Family yang ada di Jakarta,diperoleh hasil bahwa 66% tidak mengetahui asal sepeda anak merek Family adalah Indonesia. Responden juga menyatakan perlunya ciri yang sesuai budaya Indonesia pada sepeda roda tiga anak merek Family sebanyak53% setuju dan 21% sangat setuju. Oleh karenanya penting untuk mengembangkan produk yang lebihmencirikan budaya negara asal. Maka tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengetahuan konsumenatas produk sepeda anak merek Family berdasarkan negara asal Indonesia, dan pengenalan budaya bagi anaksejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui pendekatan berkaitan antropologi dan kebudayaan, pendidikan anak, psikologi anak dan ekonomi melalui pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek sepeda anak Family dapat menambahkan nilai representasi budaya pada produknya melalui tanda,simbol, desain, atau kombinasi keseluruhannya yang dipasarkan secara lokal (nasional) ataupun ekspor,sehingga mencitrakan negara asalnya yaitu Indonesia. Nilai budaya diperkenalkan pada anak melalui sepedaroda tiga merek Family didukung sarana penunjang yang informatif berupa buku cerita lokal dan mainaninteraktif berbasis budaya Indonesia. Fungsinya untuk pengenalan budaya Indonesia bagi anak. Kontribusipenelitian ini dapat membantu para pengambil keputusan penghasil produk sepeda anak atas desain produk yangdiproduksi di Indonesia dan dipasarkan juga di negara lain dapat merepresentasikan budaya Indonesia. Selain itudapat memberikan kecintaan atas produk mainan anak yang mencirikan budaya Indonesia