Purwarupa sistem kemudi virtual kendaraan truk tanpa awak dengan kendali jarah jauh
K Kendaraan truk tanpa awak telah menarik banyak perhatian karena perlu mengembangkan metode alternatif untuk menghasilkan kendaraan truk tanpa awak yang dikemudikan secara virtual serta dapat dikontrol dengan jarak jauh. Permasalahan sistem kemudi virtual reality kendaraan truk tanpa awak adalah penerapan kontrol jarak jauh agar dapat diaplikasikan di dunia nyata. Tujuan dari perancangan ini pengguna dapat mengemudikan kendaraan truk tanpa awak dari jangkauan jarak jauh menggunakan virtual reality, mengetahui peforma kendaraan serta melakukan pemantauan dan monitor secara langsung berupa kecepatan, kesetimbangan dan lokasi pelacak. Dalam penelitian thesis ini digunakan metode perancangan dan realisasi untuk mengaplikasikan purwarupa kendaraan truk dalam bentuk model yang diskalakan. Dalam perancangan model digunakan beberapa komponen seperti motor DC, baterai, virtual reality dan sistem komunikasi nirkabel untuk pengendalian dan monitoring jarak jauh dengan menampilkan data sistem kendaraan berupa kesetimbangan kendaraan, tegangan baterai, kecepatan kendaraan, signal RSSI dan koordinat kendaraan. Kendaraan truk tanpa awak ini menggunakan tenaga motor DC 68 watt 12 volt dan motor servo untuk kemudinya dengan tegangan 5 volt. Berdasarkan hasil pengujian dengan beban total kendaraan truk tanpa awak sekitar 54,6 kg mampu melewati sudut tanjakan 25 derajat pada kecepatan laju kendaraan 1,3 km/jam. Mengukur kecepatan kendaraan menggunakan sensor GPS mempunyai kepresisian 60% yang termasuk kedalam kategori moderat dan hasil pengujian jangkauan jarak jauh menggunakan virtual reality ± 500 m dengan sinyal RSSI LOS -95 dBm dan RSSI non-LOS -112 dBm dari ground kontrol station.
U Unmanned trucks have garnered significant attention due to the need to develop alternative methods for creating unmanned trucks that are driven virtually and can be remotely controlled. The challenge of the virtual reality steering system for unmanned trucks is the application of remote control to be implemented in the real world. The goal of this design is to allow users to drive unmanned trucks from a remote range using virtual reality, to understand vehicle performance, and to conduct real-time monitoring and tracking of speed, stability, and location. This thesis research employs design and realization methods to apply a scaled model prototype of the unmanned truck. The model design uses several components such as DC motors, batteries, virtual reality, and wireless communication systems for remote control and monitoring, displaying vehicle system data such as vehicle stability, battery voltage, vehicle speed, RSSI signal, and vehicle coordinates. The unmanned truck uses a 68-watt 12-volt DC motor and a 5-volt servo motor for steering. Based on testing results, with a total load of approximately 54.6 kg, the unmanned truck can navigate a 25-degree incline at a speed of 1.3 km/h. The vehicle speed measurement using a GPS sensor has a precision of 60%, which is considered moderate, and the long-range testing using virtual reality achieved approximately 500 meters with RSSI LOS -95 dBm and RSSI non-LOS -112 dBm from the ground control station.