DETAIL KOLEKSI

Pengaruh inovasi logistik dan risiko rantai pasokan terhadap kinerja logistik pada PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya di era industri 4.0

5.0


Oleh : Imelia Arota

Info Katalog

Nomor Panggil : 022001701025

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Deddy S. Martadisastra

Subyek : Materials handling - Management;Physical distribution of goods

Kata Kunci : industry 4.0, innovation, logistics management, logistics performance, supply chain risk

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SMJ_022001701025_Halaman-Judul.pdf
2. 2021_TA_SMJ_022001701025_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_SMJ_022001701025_Bab-1-Pendahuluan.pdf
4. 2021_TA_SMJ_022001701025_Bab-2-Tinjauan-Pustaka.pdf 25
5. 2021_TA_SMJ_022001701025_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf 11
6. 2021_TA_SMJ_022001701025_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_SMJ_022001701025_Bab-5-Kesimpulan.pdf
8. 2021_TA_SMJ_022001701025_Daftar-Pustaka.pdf 8
9. 2021_TA_SMJ_022001701025_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi logistik dan risiko rantai pasokan terhadap kinerja logistik di era Industri 4.0. Selain itu tujuan lain dari penelitian ini adalah memperkuat hasil temuan-temuan pada penelitian sebelumnya. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 150 responden karyawan PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya yang bekerja di bagian operasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SPSS dan AMOS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Inovasi Logistik memiliki pengaruh negatif terhadap Risiko Rantai Pasokan; (2) Risiko Rantai Pasokan memiliki pengaruh negatif terhadap Kinerja Logistik; (3) Inovasi Logistik memiliki pengaruh positif terhadap Kinerja Logistik. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan yang diteliti sebagai informasi yang dapat dijadikan bahan evaluasi bahwa inovasi logistik berbasis teknologi menjadi solusi inovatif dalam mengelola risiko rantai pasokan di era industri 4.0. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada perusahaan asuransi tertentu dan metode analisis data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner tidak dapat mewakili seluruh populasi sektor perusahaan asuransi. Saran untuk penelitian selanjutnya, model penelitian ini dapat dilakukan di perusahaan jasa atau perusahaan lainnya dalam konteks yang berbeda. Selain itu sebaiknya menambah jumlah responden untuk memberikan tingkat signifikansi yang lebih baik.

T The purpose of the paper is to analyze the effect of logistics innovation and supply chain risk on logistics performance in the Industry 4.0 era. Besides that, another purpose of this study is to strengthen the findings of previous studies. Data collection was obtained by distributing questionnaires directly to 150 respondents to employees of PT. Central Asia Raya Life Insurance who work in the operational section. The sampling technique in this study is non-probability sampling with the determination of the sample using purposive sampling. Meanwhile, the data analysis method used is the analysis method of Structural Equation Modeling (SEM) with SPSS and AMOS software. The results of the study indicate that (1) Logistic Innovation has a negative influence on Supply Chain Risk; (2) Supply Chain Risk has a negative effect on Logistics Performance; (3) Logistic innovation has a positive influence on Logistics Performance. This research is expected to be useful for the companies under study as information that can be used as an evaluation material that technology-based logistics innovation is an innovative solution in managing supply chain risks in the industrial era 4.0. The scope of this research is limited to certain insurance companies and the method of analyzing quantitative data through questionnaires cannot be representative of the entire population of the insurance company sector. Suggestions for further research, this research model can be carried out in service companies or other companies in different contexts. In addition, it is better to increase the number of respondents to provide a better level of significance.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?