DETAIL KOLEKSI

Anteseden green word of mouth pada green hotel.


Oleh : M Rio Alfauzan Ari

Info Katalog

Subyek : Hotel and motels

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Asep Hermawan

Pembimbing 2 : Hermanto Yaputra

Kata Kunci : Green Word Of Mouth / Green Hotel

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_TS_MMJ_122012111070_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2024_TS_MMJ_122012111070_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_TS_MMJ_122012111070_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2024_TS_MMJ_122012111070_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_TS_MMJ_122012111070_Lembar-Pengesahan.pdf 5
6. 2024_TS_MMJ_122012111070_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_TS_MMJ_122012111070_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_TS_MMJ_122012111070_Bab-1.pdf 14
9. 2024_TS_MMJ_122012111070_Bab-2.pdf 15
10. 2024_TS_MMJ_122012111070_Bab-3.pdf 14
11. 2024_TS_MMJ_122012111070_Bab-4.pdf 12
12. 2024_TS_MMJ_122012111070_Bab-5.pdf 5
13. 2024_TS_MMJ_122012111070_Daftar-Pustaka.pdf 5
14. 2024_TS_MMJ_122012111070_Lampiran.pdf 27

D Dengan sedikitnya jumlah hotel ramah lingkungan, sebagian besar tamu hotelcenderung menginap di hotel yang belum tentu menerapkan praktik keberlanjutan.Meskipun tidak semua hotel di Indonesia memiliki sertifikasi sebagai green hotel,banyak yang setidaknya mulai menerapkan konsep ramah lingkungan. Berdasarkandata Badan Pusat Statistik Kementerian Pariwisata (2022), hanya 20 hotel ramahlingkungan di Indonesia yang dianggap sebagai yang terbaik dalam menerapkanprinsip-prinsip ramah lingkungan, yang dipilih berdasarkan penilaian dari para juriyang ahli terhadap 36 hotel ramah lingkungan yang tersebar di 14 provinsi diIndonesia. Kriteria penilaian mencakup berbagai aspek seperti kesehatan dankenyamanan dalam kamar hotel, upaya pengendalian polusi udara dan kebisingan,serta manajemen konservasi dan efisiensi penggunaan air. Salah satu strategi untuktetap bersaing dalam industri perhotelan secara global adalah dengan mengadopsikonsep hotel hijau. Jika pengelola hotel tidak menerapkan prinsip-prinsip ramahlingkungan, kemungkinan besar akan kehilangan minat dari para wisatawan. Olehkarena itu, kesadaran diri dan perilaku yang ramah lingkungan sangat penting untukmenjadi bagian dari budaya perhotelan yang ramah lingkungan, terutama dalamaspek lingkungan di sekitar hotel. Pada studi sebelumnya mengungkapkan bahwaterdapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap green practices dan green image(Irfan et al., 2021), walau begitu ada keterbatasan dalam hal objek dan dimensipengukuran. Oleh karena itu, penting bagi industri perhotelan di Indonesia untukterus berupaya dalam menerapkan Green Practices. Prinsip-prinsip GreenPractices di sektor perhotelan harus terus dipromosikan untuk menjagakeberlanjutan pariwisata di suatu daerah. Ini melibatkan tanggung jawab terhadaplingkungan, upaya untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas wisata,memperjuangkan nilai-nilai sosial dan budaya masyarakat lokal, serta mengelolabisnis secara berkelanjutan, yang pada akhirnya juga akan menguntungkanmasyarakat lokal (Aminuddin, 2016). Menurut Green Hotel Association, greenhotel merupakan praktik operasional hotel yang mengintegrasikan berbagai elemenkunci dalam upaya menjalankan program ramah lingkungan. Ini termasukperencanaan lingkungan, penggunaan produk ramah lingkungan, pengelolaansumber daya manusia, dan pengelolaan lingkungan secara keseluruhan (AseanTourism, 2018). Kesadaran akan lingkungan dan preferensi konsumen yang ramahlingkungan mendorong perusahaan untuk mengadopsi praktik-praktik hijau,sementara hotel-hotel semakin terlibat dalam inovasi dan menerapkan strategipemasaran yang berfokus pada aspek hijau (Bowen & Chen, 2001). Tindakan yangdiambil oleh perusahaan berdampak besar pada persepsi konsumen terhadap merektersebut, yang juga memengaruhi perilaku konsumen. Konsumen yang menghargaicitra ramah lingkungan sangat dipengaruhi oleh praktik-praktik hijau yangAnteseden green word of mouthpada green hotelM Rio Alfauzan Ari, 2024xivditerapkan oleh hotel (Lee et al., 2010). Meskipun mungkin ada keraguan dikalangan konsumen terkait pemilihan hotel, beberapa penelitian sebelumnyamenunjukkan bahwa hotel-hotel ramah lingkungan memiliki pengaruh signifikanterhadap citra kesadaran lingkungan dalam industri perhotelan (Zogrofakis et al.,2011).

W With the small number of eco-friendly hotels, most hotel guests tend to stay inhotels that do not necessarily implement sustainable practices. Although not allhotels in Indonesia are certified as green hotels, many are at least starting toimplement environmentally friendly concepts. Based on data from the CentralStatistics Agency of the Ministry of Tourism (2022), only 20 environmentallyfriendly hotels in Indonesia are considered to be the best in implementingenvironmentally friendly principles, which were selected based on assessmentsfrom expert judges of 36 environmentally friendly hotels spread across 14provinces. in Indonesia. The assessment criteria cover various aspects such ashealth and comfort in hotel rooms, efforts to control air and noise pollution, as wellas conservation management and water use efficiency. One strategy to remaincompetitive in the hotel industry globally is to adopt the green hotel concept. Ifhotel managers do not implement environmentally friendly principles, they willmost likely lose interest from tourists. Therefore, self-awareness andenvironmentally friendly behavior are very important to become part of anenvironmentally friendly hospitality culture, especially in the environmentalaspects around the hotel. Previous studies revealed that there are factors thatinfluence green practices and green image (Irfan et al., 2021), however there arelimitations in terms of measurement objects and dimensions. Therefore, it isimportant for the hotel industry in Indonesia to continue to strive to implementGreen Practices. The principles of Green Practices in the hospitality sector mustcontinue to be promoted to maintain the sustainability of tourism in an area. Thisinvolves responsibility for the environment, efforts to reduce the negative impactsof tourism activities, fighting for the social and cultural values of localcommunities, and managing business sustainably, which in the end will also benefitlocal communities (Aminuddin, 2016). According to the Green Hotel Association,green hotels are hotel operational practices that integrate various key elements inan effort to run environmentally friendly programs. This includes environmentalplanning, use of environmentally friendly products, human resource management,and overall environmental management (Asean Tourism, 2018).Environmental awareness and friendly consumer preferencesenvironment encourages companies to adopt green practices,while hotels are increasingly engaging in innovation and implementing strategymarketing that focuses on green aspects (Bowen & Chen, 2001). Actions thattaken by the company has a major impact on consumer perception of the brandthis, which also influences consumer behavior. Appreciative consumersThe environmentally friendly image is strongly influenced by green practicesAntecedents of green word of mouthat the green hotelM Rio Alfauzan Ari, 2024xivimplemented by hotels (Lee et al., 2010). Although there may be doubts inamong consumers regarding hotel selection, several previous studiesshows that environmentally friendly hotels have a significant influencetowards the image of environmental awareness in the hotel industry (Zogrofakis et al.,2011).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?