Anteseden brand loyalty
T Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand love, Self-esteem, Susceiptibility tp normative influence, terhadap Brand loyalty. Penelitian ini dilakukan pada individu yang pernah berbelanja pada e-commerce (Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak) minimal 6 bulan terakhir. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner online (google form). Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Brand love berpengaruh positif terhadap Self-esteem, Self-esteem berpengaruh positif terhadap Brand loyalty, Brand love berpengaruh positif terhadap Susceiptibility to normative influence, dan Susceiptibility to normative influence berpengaruh positif terhadap Brand loyalty. Implikasi manajerial dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan Susceiptibility to normative influence terhadap brand loyalty untuk mempermudah konsumen dalam membeli suatu produk yang dicari dan diinginkan, sehingga pengguna e-commerce berkomitmen untuk menggunakan aplikasi tersebut.
T This research aims to analyze the influence of Brand Love, Self-Esteem, Vulnerability and normative influences on Brand Loyalty. This research was conducted on individuals who had shopped at e-commerce (Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak) at least 6 month. Research data was obtained through an online questionnaire (google form). The sampling technique used in this research is purposive sampling. The data analysis tool used is the Structural Equation Model (SEM). The results of this research conclude that the Brand Love variable has a positive effect on Self-Esteem, Self-Esteem has a positive effect on Brand Loyalty, Brand Love has a positive effect on Susceptibility to normative influences, and Susceptibility to normative influences has a positive effect on Brand Loyalty. Implikasi manajerial dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan Kerentanan terhadap pengaruh normatif terhadap loyalitas merek untuk mempermudah konsumen dalam membeli suatu produk yang dicari dan diinginkan, sehingga pengguna e-commerce berkomitmen untuk menggunakan aplikasi tersebut.