DETAIL KOLEKSI

Identifikasi faktor risiko yang berpengaruh pada pelaksanaan proyek konstruksi jalan raya

1.0


Oleh : Nurluthfi Kusumawardhani

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Darmawan Pontan

Subyek : Highway - construction;Risk factor

Kata Kunci : construction project, highway, mean index, risk factors

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_SP_05112069_Halaman-judul.pdf 8
2. 2017_TA_SP_05112069_Bab-1.pdf 4
3. 2017_TA_SP_05112069_Bab-2.pdf
4. 2017_TA_SP_05112069_Bab-3.pdf
5. 2017_TA_SP_05112069_Bab-4.pdf
6. 2017_TA_SP_05112069_Bab-5.pdf
7. 2017_TA_SP_05112069_Daftar-pustaka.pdf
8. 2017_TA_SP_05112069_Lampiran.pdf

P Proyek konstruksi merupakan suatu bidang yang dinamis dan mengandung banyak risiko. Risiko dapat memberikan pengaruh terhadap produktivitas, kinerja, kualitas dan batasan biaya dari proyek. Risiko dapat dikatakan merupakan akibat yang mungkin akan terjadi secara tak terduga. Walaupun suatu kegiatan telah direncanakan sebaik mungkin, namun tetap mengandung ketidakpastian bahwa nanti akan berjalan sepenuhnya sesuai rencana. Pelaksanaan proyek konstruksi jalan raya dinyatakan berhasil jika evaluasi baik biaya, waktu dan kualitas sesuai dengan rencana. Di Indonesia, terdapat beberapa proyek konstruksi jalan raya yang mengalami keterlambatan, permasalahan terhadap biaya dan kualitas yang tidak sesuai dengan perencanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko apa saja yang terjadi dalam proyek konstruksi jalan raya dan tingkat faktor risiko (ranking risiko) pada pelaksanaan proyek konstruksi jalan raya. Dengan demikian, pada saat pelaksanaan suatu proyek, pihak yang berkepentingan dapat mengetahui dan mengantisipasi risiko yang terjadi sehingga pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik. Maka dilakukan analisa data statistik dengan menggunakan metode Index Mean. Hasil dari metode index mean adalah: Dari tiga variabel yang mempengaruhi pada perbaikan jalan raya, yaitu manajemen operasional, sumber daya dan lingkungan dan peristiwa alam, faktor risiko yang paling tinggi adalah variabel lingkungan dan peristiwa alam, yaitu pekerjaan relokasi utilitas eksisting yang dilewati proyek jalan sehingga berpengaruh ke biaya, sedangkan risiko-risiko yang terjadi pada variabel manajemen operasional sangat kecil, sehingga dapat diabaikan.

T The construction project is a dynamic field and contains many risks. Risks can affect productivity, performance, quality and cost constraints of the project. Risk can be said to be the result which might occur unexpectedly. Although an activity was planned as best as possible, it still bears the uncertainty that it will be run entirely according to plan. The highway construction project is considered successful if the evaluation of cost, time and quality are in accordance with the plan. In Indonesia, there are several road construction projects that were delayed, and there are cost and quality problems that are not in accordance with planning. The purpose of this study was to determine the risk factors that can happen in a highway construction project and the level of risk factors (risk ranking) on the process of the highway construction project. Thus, at the time of the execution of the project, interested parties can know and anticipate the risks that will occur so that the project can work well. Statistical data analysis is carried out using the Mean Index. The results of the method of mean index is: Of the three variables that affect the improvement of highways, namely operational management, resources and environment and natural events, the highest risk factor is the variable of environment and natural events, namely the operation to relocate the existing utility which intersect with the road projects that affect the cost, while the risks that occur in operational management variables are very small, so it can be ignored.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?