DETAIL KOLEKSI

Prototipe sistem otomasi transaksi pembayaran jalan tol dengan skema pasca bayar


Oleh : Andy Wijaya

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2006

Pembimbing 1 : Raymond A.F Tarumasselly

Subyek : Computer systems;Database management;Electrical engineering

Kata Kunci : otomasi, transaksi, jalan tol, pasca bayar, radio frequency, perangkat,

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2006_TA_STE_06202001_Halaman-Judul.pdf
2. 2006_TA_STE_06202001_Lembar-Pengesahan.pdf 2
3. 2006_TA_STE_06202001_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2006_TA_STE_06202001_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2006_TA_STE_06202001_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2006_TA_STE_06202001_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2006_TA_STE_06202001_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 2
8. 2006_TA_STE_06202001_Daftar-Pustaka.pdf 1
9. 2006_TA_STE_06202001_Lampiran.pdf

J Jalan to! dibangun untuk memudahkan masyarakat mencapai tempat tujuan dengan lebih cepat. Akan tetapi, sistem pembayaran tol yang ada sekarang ini seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk setiap transaksi pembayaran sehingga menimbulkan antrian panjang . Faktor penyebabnya adalah proses pembayarannya masih dilakukan secara manual yang masih menggunakan operator manusia sehingga ketelitian dan kecepatan dalam pelayanannya kurang.Tugas akhir ini membahas prototipe sistem otomasi transaksi pembayaran jalan toldengan skema pasca bayar yang bertujuan membantu mencari solusi sebuah sistem otomasi pembayaran jalan tol sehingga akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk setiap transaksi pembayaran . Skema pasca bayar dipilih mengingat sekarang telah banyak pengguna jalan tol yang berlangganan.Sistem ini terdiri dari tiga bagian yaitu perangkat gerbang masuk tol, perangkatgerbang keluar tol, dan perangkat mobil. Perancangan perangkat menggunakan mikrokontroler AT89S51 . Pada gerbang keluar tol terdapat komputer dan kamera. Kamera berguna untuk mengambil gambar plat nomor mobil yang melakukan pelanggaran . Mikrokontroler pada perangkat gerbang keluar tol terhubung ke komputer dengan menggunakan komunikasi serial RS-232, sedangkan kamera terhubung ke komputer melalui USB. Pengiriman data dari perangkat gerbang masuk dan keluar tol ke perangkat mobil menggunakan antarmuka modul radio frequency, sedangkan dari perangkat mobil ke perangkat gerbang keluar tol menggunakan antarmuka modul inframerah . Perangkat gerbang masuk tol berfungsi untuk memberi data nama gerbang masuk tol. Perangkat gerbang keluar tol berfungsi untuk menerima data kode mobil dan memberi data bulan dan biaya tol yang sebelumnya telah diproses di komputer. Sedangkan perangkat mobil berfungsi untuk mengirimkan data kode mobil dan menyimpan data yang diterima. Perangkat ini menggunakan LCD sebagai antarmuka output untuk menampilkan akumulasi biaya penggunaan tol tiap bulannya.Sistem ini bisa melayani transaksi mulai dari gerbang masuk sampai gerbang keluar tol. Biaya jalan to! untuk tiap mobil yang berlangganan tercatat oleh komputer dan media penyimpanan yang ada pada perangkat mobil. Dengan menggunakan baudrate 300 bps, rata­ rata waktu yang dibutuhkan untuk satu siklus komunikasi antara perangkat mobil dan perangkat gerbang masuk adalah 0.40 detik, sedangkan antara perangkat mobil dan perangkat gerbang keluar adalah 0.82 detik.

T Tollroad is built in order to facilitate people to reach their destination faster. However, the tollroad payment system is still done manually by involving human as operator . The system lacks meticulousness and speed in servicing. This can cause a long queue while people want to pay the tollroad rate.This final assignment discuss about prototype of automated tollroad paymenttransaction system using postpaid scheme. This system is designed to help solving the problem in order to automate the tollroad payment system, so that the time consumed for every payment transaction can be shortened. Postpaid scheme is selected because there have been so many people become tollroad customers.This system is divided into three devices: entry gate device, destination gate device,and car device. The device design uses microcontroller AT89S51. There are a computer and a camera at the destination gate. A camera is use to capture a license plate image from the car that against the rule . Microcontroller in destination gate device connected to a computer via RS-232 serial communication, while a camera connected to a computer via USB. Data transmission from entry gate and destination gate devices to car device uses radio frequency module interface, while from car device to entry gate and destination gate devices uses infrared module interface . The function of entry gate device is for sending the data of entry gate\'s name. The function of destination gate device is for receiving the data of car\'s code and sending the data of month and tollroad rate that have been processed in the computer. Whereas, car device is used to send the data of car\'s code and entry gate\'s name, and store the receiving data. This device uses LCD as an output interface to display the monthly accumulation oftollroad rate.This system can handle transactions from entry gate to destination gate. The tollroad rate of customer is recorded by computer and storage device in car device. By using 300 bps baudrate, the average time needed for one communication cycle between car device and entry gate device is 0.40 second, while between car device and destination gate device is 0.82 second.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?