Pengembangan model kepuasan pasien dengan metode sem-pls : pengaruh waktu tunggu dan nilai pelanggan melalui pelayanan prima dan kewajaran harga pada rumah sakit
K Kepuasan pasien yang rendah dapat berdampak pada keberlangsungan dankesuksesan industri rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisispengaruh waktu tunggu, nilai pelanggan, pelayanan prima, dan kewajaran hargaterhadap kepuasan pasien, (2) menganalisis efek mediasi pelayanan prima dan efekmoderasi kewajaran harga dalam pengaruh waktu tunggu dan nilai pelangganterhadap kepuasan pasien. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatifberbasis survei kepada pasien di salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru.Teknik sampling yang menggunakan accidental sampling sehingga diperoleh 96orang responden. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS denganmenggunakan alat analisis WarpPLS. Hasil penelitian memperoleh bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara waktu tunggu, nilai pelanggan, dan pelayananprima terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Eria di Kota Pekanbaru. Pengujianefek mediasi diperoleh bahwa pelayanan prima mampu memediasi secara parsialpengaruh yang diberikan oleh waktu tunggu dan nilai pelanggan terhadap kepuasanpasien. Sedangkan dalam pengujian moderasi diperoleh bahwa kewajaran hargaharga mampu memoderasi pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pasien,meskipun secara statistik hampir tidak dapat memoderasi
T The lower customer satisfaction might impact the sustainability and success of thehealthcare industry. This study aimed to determine; (1) analyze the effect of waitingtime, customer perceived value, excellent services, and price on satisfaction, (2)analyze the mediation effect of excellent services and moderated effect of price interms of waiting time and perceived value on satisfaction. Quantitative analysiswas adopted as an approach to this study based on a survey analysis of severalpatients in a private hospital Eria in Pekanbaru. Accidental sampling was appliedas a technique sampling to determine 96 respondents—the data analysis techniqueused SEM-PLS; warpPLS tool. This study's result revealed a significant effect ofwaiting time, perceived value, excellent services, and price on satisfaction.Moreover, the mediation effect testing showed that excellent services could be apartial mediation on satisfaction. Nonetheless, moderated effect showed that pricecould be a moderator in the relationship between excellent services andsatisfaction, yet statistically, it was almost not moderated.