DETAIL KOLEKSI

Pengaruh penggunaan AISA (artificial intelligent service agent) terhadap trust


Oleh : Ahmad Husein

Info Katalog

Subyek : Marketing

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Yolanda Masnita Siagian

Kata Kunci : anthropomorphism; availability; enjoyment; perceived value; security; trust

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TS_MMJ_122012011049_Halaman-Judul.pdf 6
2. 2023_TS_MMJ_122012011049_Lembar-Pengesahan.pdf 5
3. 2023_TS_MMJ_122012011049_Bab-1-Pendahuluan.pdf 9
4. 2023_TS_MMJ_122012011049_Bab-2-Landasan-Teori.pdf 18
5. 2023_TS_MMJ_122012011049_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf 13
6. 2023_TS_MMJ_122012011049_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf 12
7. 2023_TS_MMJ_122012011049_Bab-5-Kesimpulan.pdf 4
8. 2023_TS_MMJ_122012011049_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2023_TS_MMJ_122012011049_Lampiran.pdf 31

K Kebutuhan manusia akan komunikasi dapat dikatakan sebagai menjadi salah satupenyebab berkembangnya inovasi teknologi, salah satunya bentuk inovasi yangdilakukan adalah dengan menghadirkan Virtual Assistant. Virtual Assistantmerupakan turunan dari Artificial Intelligence (AI) yang dilengkapi denganserangkaian bahasa pemrograman dan mesin pembelajaran yang memungkinkanterjadinya interaksi layaknya individu pada umumnya. Salah satu faktor terjadinyapenurunan kepercayaan terhadap pengguna aplikasi Virtual Assistant adalahbanyaknya laporan tentang Security yaitu adanya kebocoran data, tercatat sebanyak12,74 juta akun yang terjadi di Indonesia dan menduduki peringkat ke-3 di dunia.Dengan semakin baiknya dari faktor Security tersebut diharapkan akan meningkatkanTrust terhadap pengguna aplikasi Virtual Assistant. Metode pengambilan sampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode nonprobability sampling, yaitu dengan teknik purposive judgemental sampling. Sampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah mengunakanVirtual Assistant pada smartphone atau computer minimal 2x dalam 1 bulan terakhir.Jumlah sampel yang diambil sebanyak 234 responden. Metode analisis yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) denganbantuan software AMOS22 dan SPSS 25. Hasil analisis menunjukan bahwa untukmeningkatkan Trust setelah menggunakan aplikasi Virtual Assistant dibentukbeberapa faktor yaitu Perceived Value, Enjoyment, Security, Availability danAnthropomorphism, sehingga penggunaan aplikasi ini dapat dipercaya,menyenangkan, diandalkan serta informasi yang diberikan oleh aplikasi ini akurat

O One of the factors for the growth of technology innovation is the human need forcommunication; one kind of innovation is the introduction of a virtual assistant.Virtual Assistant is a subset of Artificial Intelligence (AI) that is outfitted with avariety of programming languages and learning algorithms that enable interactionssimilar to those of humans. The amount of reports concerns security, namely dataleaks, is one of the causes contributing to a reduction in users' faith in the VirtualAssistant program. In Indonesia, which ranked third in the globe, 12,74 accountswere reported as data leaks. It is envisaged that the enhancement of the Securityelement will raise users' trust in the Virtual Assistant application. This study used anon-probability sampling strategy known as the technique of purposive judgementalsampling. This study's sample consisted of respondents who had used a VirtualAssistant at least twice on a smartphone or computer within the previous month. Thenumber of samples taken was 234 respondents. This study employs the StructuralEquation Model (SEM) with the aid of the AMOS22 and SPSS 25 software packagesThe results of the analysis indicate that several factors, namely Perceived Value,Enjoyment, Security, Availability, and Anthropomorphism, are formed to increaseTrust after using the Virtual Assistant application, so that the use of this application is trustworthy, enjoyable, dependable, and provides accurate information

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?