Pengaruh hard skills dan pengalaman auditor terhadap kemampuan auditor dalam memberikan keterangan ahli dengan soft skills sebagai variabel moderasi
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hard skills dan pengalaman auditor terhadap kemampuan auditor dalam memberikan keterangan sebagai Ahli dipersidangan dengan soft skills sebagai variabel moderasi. Data penelitian ini diperoleh dari pengumpulan kuesioner atas 102 responden yang merupakan pemeriksa pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), khususnya pada unit kerja Auditorat Utama Investigasi (AUI) yang tugas pokoknya terkait dengan pemberian keterangan Ahli. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling. Selanjutnya, pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model analisisstatistik Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hard skills, pengalaman dan soft skills berpengaruh terhadap kemampuan auditor dalam memberikan keterangan sebagai Ahli. Selanjutnya untuk faktor soft skills tidak memperkuat pengaruh hard skills dan juga pengalaman terhadap kemampuan auditor dalam memberikan keterangan sebagai Ahli. Berdasarkan nilai koefisien determinasi, diketahui bahwa hard skills, pengalaman dan soft skills secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kemampuan auditor dalam memberikan keterangan sebagai Ahli di persidangan sebesar 77.7%. Sisanya sebesar 22.3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.
T This study aims to analyze the influence of hard skills and an auditor’s experience on the ability to provide testimony as an expert in a trial with soft skills as a moderating variable. The research data was obtained from collecting questionnaires from 102 respondents who are examiners at The Supreme Audit Agency of the Republic of Indonesia (BPK RI), especially in the Main Investigation Auditorate (AUI) work unit whose main task is related to providing expert testimony. Sampling was carried out using the convenience sampling method. Furthermore, testing in this study was carried out using the Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) statistical analysis model using SmartPLSsoftware. The results showed that the auditor's hard skills, experience, and soft skills affected the auditor's ability to provide testimony as an expert. Furthermore, the soft skills factor does not moderate the influence of hard skills and also experience on the auditor's ability to provide testimony as an expert. Based on the value of the coefficient of determination, it is known that the auditor's hard skills, experience, and soft skills together influence the auditor's ability to provide testimony as an expert at trial by 77.7%. The remaining 22.3% is influenced by other factors outside the model.