Pengaruh pengetahuan pajak, sanksi pajak, kepercayaan kepada pemerintah, adopsi teknologi big data, social media terhadap kepatuhan pajak orang pribadi dengan persepsi wajib pajak sebagai variabel intervening
P Penelitian ini menguji persepsi wajib pajak orang pribadi terkait pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, kepercayaan terhadap pemerintah, adopsi teknologi big data dan pengaruh platform media sosial serta persepsi wajib pajak sebagai mediasi. Mengubah paradigma tradisional kepatuhan pajak untuk meningkatkan kepatuhan pajak sukarela. Metode penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner elektronik. Responden (sampel) penelitian ini adalah wajib pajak di wilayah Jakarta. Analisis data menggunakan smartpls 4. Hasil penelitian terhadap 270 wajib pajak orang pribadi menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, adopsi teknologi big data berhubungan positif dengan kepatuhan pajak namun kepercayaan terhadap pemerintah maupun media sosial tidak mempengaruhi kepatuhan pajak. Persepsi wajib pajak mampu memediasi pengaruh kepercayaan terhadap pemerintah dan media sosial terhadap kepatuhan pajak. Kontribusi dari karya ini adalah pemahaman yang lebih singkat dan lugas tentang akuntansi perilaku, terutama terkait dengan kepatuhan pajak wajib pajak orang pribadi. Memahami dan mengatasi implikasi ini akan memungkinkan pemerintah untuk menumbuhkan budaya kepatuhan pajak di kalangan wajib pajak, memastikan keberlanjutan fiskal dan perpajakan yang adil karena generasi ini menjadi bagian penting dari pembayaran pajak.
T This study examines the perceptions of individual tax payer related to tax knowledge, tax sanctions, trust in government, big data technology adoption and social media platform influence and taxpayer perception as mediation. Changes traditional paradigm of tax compliance to improve voluntary tax compliance. This research method is a survey method using electronic questionnaires. This study\\\'s respondents (sample) are taxpayers in Jakarta area. Data was analyzed by using smartpls 4. The survey results of 270 individual taxpayers indicate that tax knowledge, tax sanctions, big data technology adoption was positively related to agreement with/support of tax compliance however neither trust in government nor social media influenced tax compliance. Taxpayer perception is able to mediate the effect of trust in government and social media on tax compliance. Contribution of this work is a more brief and straightforward understanding of behavioral accounting, primarily related to the tax compliance of individual tax payer. Understanding and addressing these implications will enable governments to cultivate a culture of tax compliance among individual tax payer, ensuring fiscal sustainability and equitable taxation as this generation becomes a significant part of the tax-paying.