DETAIL KOLEKSI

Pengembangan metode prediksi probabilitas kecelakaan untuk digunakan pada ruas jalan nasional berdasarkan peraturan presiden nomor 1 tahun 2022


Oleh : Muhammad Arif Arofah

Info Katalog

Subyek : Traffic safety

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Budi Hartanto Susilo

Kata Kunci : road safety audit (AKJ), equivalent accident number (EAN), national roads, accident-prone location

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

L Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi rawan kecelakaan di Indonesia, data kecelakaan harus diperoleh dari kepolisian setempat, yang artinya perlu terjadi kecelakaan terlebih dahulu.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan metode prediksi lalu lintas milik Idalin dkk 2018 menggunakan peraturan setelah tahun 2018.Desain penelitian ini dapat diterapkan padaseluruh ruas jalan nasional di Indonesia dengan perbedaan karakteristik seperti fungsi, kelas, tipe area dan kelandaian medan jalan.Metode yang dipilih untuk menganalisa data adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, survei dan kausal komparatif. Sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus dan studi literatur. Serta menggunakan pendekatan Research and Development.Hasil penelitian yang didapat yaitu metode Arofah 2024 (74 parameter pengembangan) sudah dikembangkan jauh lebih baik lagi dibandingkan metode sebelumnya (Idalin dkk 2018 sebanyak 24 parameter) berdasarkan peraturan terbaru di atas tahun 2018 dan bisa digunakan pada Ruas Jalan Nasional dengan berbagai macam karakteristik eksisting

T The backgound of this research is In Indonesia, to find out whether a road section is an accident-prone location, you need accident data from the local police, which means an accident needs to occur first.The objective of this research is Developing the Idalin et.al. 2018 method with the latest regulations from 2018The design of this research applies all national road sections in Indonesia with different characteristics such as function, class, area type, road terrain slopeData analysis applied measuring method chosen is quantitative with descriptive, survey and causal comparative methods. Meanwhile, the qualitative approach uses case study and literature study methods. And uses a Research and Development approachThe result of reseach indicated that Arofah 2024 method (74 development parameters) has been developed much better than the previous method (Idalin et.al. 2018 with 24 parameters) based on the latest regulations above 2018 and can be used on National Roads with various existing characteristics

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?