Intention re-visit agrotourism destination : anteseden dan konsekuensi pada wisata agroturisme di yogyakarta.
P Pariwisata sebagai bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia dan selaludiperlukan sebagai keseimbangan hidup. Yogyakarta menghadapi penurunanpariwisata akibat Overtourism. Solusi dapat ditemukan melalui Green tourism danEcotourism untuk meminimalkan dampak negatif. Solusi melalui green tourismperlu diperkuat dengan strategi pemasaran berbasis Stimulus-Organism-Response(S-O-R) dan pengenalan konsep Green destination experience. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis pengaruh positif pengalaman dan inspirasilingkungan terhadap minat kunjung ulang di Ecotourism Yogyakarta. Adapunpendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif denganmetode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 125 responden yang pernahsetidaknya dua kali melakukan kunjugan pada destinasi Ecotourism yang ada diYogyakarta. Pengolahan data menggunakan SEM-PLS versi 4 dengan hasilsebagai berikut: Green Destination Experiences memiliki pengaruh yang positifdan signifikan terhadap Pro-Environmental Inspiration di destinasi EcotourismYogyakarta. Sensory, Affective, dan Behavioural Experiences secara positifmempengaruhi inspirasi lingkungan, sementara pengalaman Intellectual tidakmemiliki pengaruh signifikan. Meskipun demikian, Pro EnvironmentalInspiration secara positif memengaruhi Re-Visit Ecotourism Destination. Temuanini menyoroti pentingnya menciptakan pengalaman holistik yang merangsangpersepsi positif terhadap lingkungan, yang pada gilirannya dapat meningkatkanminat dan komitmen wisatawan terhadap keberlanjutan dan kunjungan ulang kedestinasi pariwisata yang ramah lingkungan. Berdasarkan keterbatasan yang adamaka usulan untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian mendatang harusmemperluas wilayah penelitian ke berbagai daerah, mengambil sampel dariberbagai latar belakang responden, menambah variabel baru, memanfaatkanmetode penelitian yang beragam, dan fokus pada strategi manajemen destinasiberkelanjutan.
T Tourism is an inseparable part of human life and is always needed as a balance inlife. Yogyakarta is facing a decline in tourism due to overtourism. Solutions canbe found through green tourism and Ecotourism to minimize negative impacts.Solutions through green tourism need to be strengthened with a marketingstrategy based on Stimulus-Organism-Response (S-O-R) and the introduction ofthe green destination experience concept. This research aims to analyze thepositive influence of environmental experiences and inspiration on interest inrevisiting Yogyakarta Ecotourism. The research approach used is a quantitativeapproach with a survey method by distributing questionnaires to 125 respondentswho have visited Ecotourism destinations in Yogyakarta at least twice. Dataprocessing uses SEM-PLS version 4 with the following results: green destinationexperiences have a positive and significant influence on pro-environmentalinspiration in Yogyakarta Ecotourism destinations. Sensory, affective andbehavioral experiences positively influence environmental inspiration, whileintellectual experiences have a negative impact. However, pro environmentalinspiration positively influences Re-Visit Ecotourism Destination. These findingshighlight the importance of creating holistic experiences that stimulate positiveperceptions of the environment, which in turn can increase tourists\\\' interest andcommitment to sustainability and repeat visits to environmentally friendly tourismdestinations. Based on the existing limitations, the proposal for further research isthat future research should expand the research area to various regions, takesamples from various respondent backgrounds, add new variables, utilize variousresearch methods, and focus on sustainable destination management strategies.