DETAIL KOLEKSI

Perancangan media promosi warung di guyu sebagai upaya memajukan UMKM Dusun Sempu

0.0


Oleh : Valentina Ayu Puspaningtyas

Info Katalog

Nomor Panggil : 010/DKC/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Wegig Murwononugroho

Pembimbing 2 : Indralaksmi

Subyek : Visual communication design - Promotion

Kata Kunci : COVID-19 pandemic, promotion, small business.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SDK_091301700021_Halaman-Judul.pdf 18
2. 2021_TA_SDK_091301700021_Pengesahan.pdf 5
3. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-1..pdf
4. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-2.pdf
5. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-3.pdf
6. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-4.pdf
7. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-5.pdf 18
8. 2021_TA_SDK_091301700021_Bab-6.pdf
9. 2021_TA_SDK_091301700021_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2021_TA_SDK_091301700021_Lampiran.pdf

W Warung Diguyu merupakan UMKM yang saat ini beroperasi di DusunSempu selama pandemi COVID-19. Perancangan media promosi ini dilakukan agarmampu memperkenalkan Warung Diguyu kepada target utama yang adalah pelajaratau mahasiswa dan pekerja muda serta menampilkan esensi guyon pada perangkatpromosi. Media promosinya meliputi konten media sosial Instagram dan bannerfoto makanan Warung Diguyu pada aplikasi ojek daring (Go-Food). Mediapenunjangnya antara lain poster, label peralatan makan, dan flag chain.Proses perancangan meliputi tahap pengumpulan data melalui studi pustaka,observasi, wawancara, dan kuisioner. Metode selanjutnya yang digunakan untukmengolah data adalah metode design thinking yang dijabarkan dalam tahapanemphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Pada tahap define, data yangdipaparkan adalah hasil analisis S.W.O.T. Keseluruhan hasil analisis kemudiandibentuk menjadi sebuah konsep dan dibuat sketsa manual, sketsa digital, hinggapada akhirnya menjadi karya visual yang final.Rancangan baru dari media promosi ini diharapkan dapat menampilkanesensi guyon secara konsisten sesuai dengan konsep Warung Diguyu dan bisamenciptakan brand awareness terhadap UMKM ini. Visual foto makanan yangdiperbarui kiranya dapat menarik minat konsumen yang lebih luas. Pada akhirnya,mampu memajukan UMKM Warung Diguyu di Dusun Sempu

W Warung Diguyu is a small business unit that operates in Sempu Village during the COVID-19 pandemic. The design of this promotional media was carriedout in order to be able to introduce Warung Diguyu to the main target which isstudents or young workers and to display the essence of jokes on promotional tools.Promotional media include Instagram social media content and food photo bannersat Warung Diguyu on online motorcycle taxi applications (Go-Food). Thesupporting media include posters, cutlery labels, and flag chains.The design process includes the data collection stage through literaturestudy, observation, interviews, and questionnaires. The next method used to processthe data is the design thinking method which is described in the stages of empathize,define, ideate, prototype, and testing. In the define stage, the data presented is theresult of S.W.O.T analysis. The entire analysis result is then formed into a conceptand made into manual sketches, digital sketches, until finally become the finalvisual artwork.The new design of this promotional media is expected to show the essenceof jokes consistently in accordance with the concept of Warung Diguyu and cancreate brand awareness of these small business unit. The updated food photovisuals may be able to attract wider consumer interest as well. In the end, it wasable to advance the small business unit of Warung Diguyu in Sempu Village.Keyword: media, promotion, small business unit, Warung Diguyu

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?