Anteseden dan konsekuen green trust pada Green Hotel
T Tujuan penelitian ini yaitu; Pertama, bertujuan untuk mengkaji pengaruh customer dalam melihat green knowledge dan kepedulian lingkungan (environmental concern) terhadap niat customer untuk mengunjungi atau menginap di green hotel (green hotel visit intention); dan kedua, untuk menjelaskan peran mediasi green trust di antara variabel-variabel yang diteliti. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil kuisioner yang dibagikan secara online kepada pelanggan yang pernah dan mempunyai rencana untuk berkunjung ke green hotel di Indonesia. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 220 orang responden. Teknik dalam pengambilan sampel yang dipakai untuk penelitian ini ialah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif yang signifikan dari green trust terhadap green hotel visit intention. Selain itu, green trust memediasi pengaruh green hotel visit intention dengan perceived green knowledge,green image dan environmental concern. Studi ini menunjukkan bahwa environmental concern dan green trust membuat pelanggan memilih green hotel. Temuan dari penelitian ini dapat membantu manajer bisnis green hotel untuk memahami faktor-faktor yang mendasari customer untuk memilih green hotel dan menerapkan praktik ramah lingkungan dalam operasi bisnis mereka. Penelitian ini mengukur dampak mediasi dari green trust terhadap faktor-faktor yang berpengaruh terhadap green hotel visit intention di Indonesia. Hasilnya mengungkapkan bagaimana variabel yang dipertimbangkan berinteraksi satu sama lain untuk mempengaruhi keputusan pilihan green hotel.
T There are two objectives of this research. First, it aims to examine the influence of the customer in viewing green knowledge and environmental concern on the customer's intention to visit or stay at a green hotel (green hotel visit intention); and second, to explain the mediating role of green trust among the variables studied. The data source for this research was obtained from the results of questionnaires that were distributed online to customers who had and had plans to visit green hotels in Indonesia. Data was obtained by distributing questionnaires to 220 respondents. The sampling technique used for this study was purposive sampling. The results showed a significant positive effect of green trust on green hotel visit intention. In addition, green trust mediates the influence of green hotel visit intention with perceived green knowledge, green image and environmental concerns. This study shows that environmental concern and green trust make customers choose green hotels. The findings from this research can help green hotel business managers to understand the factors that underlie customers to choose green hotels and implement environmentally friendly practices in their business operations. This study measures the mediating impact of green trust on the factors that influence green hotel visit intention in Indonesia. The results reveal how the considered variables interact with each other to influence green hotel choice decisions.