Peranan desain komunikasi visual dalam perancangan identitas visual dan promosi kerupuk rambak gurindang khas Bumiayu
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya ragam kuliner di indonesiayang belum banyak diketahui oleh masyarakat indonesia sendiri. Pentingnyaperancangan identitas visual dan promosi ini didasarkan pada generasi muda yangsudah berkurang cintanya untuk produk dalam negri. Dan untuk membantuperekonomian daerah untuk meningkatkan dan menambah kinerja UKM (UsahaKecil Menengah) yang sedang di galak-kan pemerintah.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metodepengumpulan data melalui kunjungan langsung (survey) ke produsen kerupukrambak di Bumiayu, buku dan situs-situs (kuliner khususnya kerupuk), website,serta bimbingan dengan para dosen pembimbing yang dilakukan secara rutin.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalahyang ada. Penulis terdorong untuk membuat sebuah Identitas visual dan promosiuntuk memperbaiki citra produk lokal dan mendukung program pemerintah untukmeningkatkan dan menambah kinerja UKM di setiap daerah. Hal tersebut menjadilandasan penulis untuk generasi muda yang mendukung produk dalam negri,sehingga mewujudkan produk- produk dalam negri yang lebih baik dan bisabersaing dengan produk luar negri di kemudian hari