DETAIL KOLEKSI

Analisa perbaikan pelayanan pasien rawat inap di Rumah Sakit PELNI untuk menggunakan kinerja rumah sakit dengan menggunakan metode Quality Function Deployment


Oleh : Fitriana Permata sari

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : DR.Ir.Tiena G. Amran

Pembimbing 2 : Winnic Septiani,ST,MSi

Subyek : Quality control;Evaluation methods;Project management;Management operations;System analysis.

Kata Kunci : analisa, perbaikan, pelayanan, rumah sakit, quality function deployment.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_TI_06305110_1.pdf
2. 2011_TA_TI_06305110_2.pdf
3. 2011_TA_TI_06305110_3.pdf
4. 2011_TA_TI_06305110_4.pdf
5. 2011_TA_TI_06305110_5.pdf
6. 2011_TA_TI_06305110_6.pdf
7. 2011_TA_TI_06305110_7.pdf
8. 2011_TA_TI_06305110_8.pdf
9. 2011_TA_TI_06305110_9.pdf
10. 2011_TA_TI_06305110_10.pdf
11. 2011_TA_TI_06305110_11.pdf

R Rumah Sakit Pelni adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang harus dapat meningkatkan kinerja pelayanannya, untuk mendapatkan kepuasan pasien. Salah satu pengukuran indikator rawat Map rumah sakit adalah nilai dari bed accupancy rate (BOR) antara 19,8%-78,35% pada tahun 2010, sedangkan nilai average length of stay (AVLOS) antara 3,2-7,2 hari, turn over interval (TOI) 1,8-8 hari, dan bed turn over (BTO) 29,6-44,5 kali. Diketahui bahwa nilai BOR, AVLOS, TOI, dan BTO yang masih dibawah standar Depkes. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai indicator BOR, AVLOS, TOI, dan BTO di pelayanan rawat Map serta menentukan prioritas perbaikan kualitas pelayanan rawat Map di Rumah Sakit Pelni.Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini melakukan pengujian rata-rata pada setiap indikator tersebut. Selanjutnya dilakukan perbaikan pelayanan sesuai dengan pilar pelayanan hasil penelitian Chriswardani Suryawati, 2004 terdapat 3 pilar pelayanan antara lain pelayanan petugas, kenyamanan ruang dan fasilitas rawat Map serta lingkungan RS, dan kemudahan dan kelancaran administrasi. Dari ketiga pilar didapatkan 15 atribut pelayanan kebutuhan pasien, serta terdapat 14 karak-teristik teknis yang didapatkan dad hasil wawancara. Setelah itu mencari hubungan antara 15 atribut dengan karakteristik teknis, dan correlation antara karakteristik teknis dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Hash analisis yang ada dirumah sakit ini menunjukkan bahwa masih berada di bawah standar Depkes. Prioritas perbaikan dari penelitian ini adalah karakteristik teknis tim patient safety dengan tingkat absolut 4,625 dan tingkat relatifnya 15,26%, dan yang kedua adalah adanya divisi sarana fasilitas ruang rawat Map, sistem informasi RS, adanya angket keperawatan, dan pelayanan teknis sesuai SOP. Dari hasil pengolahan data diketahui terdapat 5 atribut yang masih berada dibawah kompetitornya, yaitu kesungguhan perawat melayani kebutuhan dan permintaan pasien, kelengkapan fasilitas ruang perawatan, kebersihan dan kerapihan ruang rawat inap, variasi menu makanan, kelengkapan fasilitas umum RS, kelancaran dan kemudahan pelayanan administrasi saat masuk dan pulang.

P Pelni Hospital is one government hospital should be able to improve the performance of his ministry, to obtain patient satisfaction. One of the indicators measuring inpatient hospital beds is the value of occupancy rate (BOR) between 19.8% -78.35% in 2010, while the value of average lengths of stay (AVLOS) between 3.2 to 7.2 days, turn over the interval (TOI) from 1.8 to 8 days, and bed turnover (BTO) 29.6 to 44.5 times. It is known that the BOR, AVLOS, TOT, and BTO is still below the standard of Health Department. This study aims to identify problems in inpatient care by measuring the value of BOR, AVLOS, TOI, and the BTO and determine the priority of improving the quality of inpatient care in hospitals Pelni. The first step to do on this research is to testthe average of each indicator. Further improvement of the service performed in accordance with the pillars of research services Chriswardani Suryawati, 2004 there are 3 pillars of service among other service workers, comfort room and inpatient facilities and hospital environments, and ease and fluency of administration. Of the three pillars obtained 15 attributes of service needs of patients, and there are 14 technical characteristics obtained from interview. After that look for relationships among the 15 attributes with technical characteristics, and correlation between the technical characteristics using the method of Fuzzy Quality Function Deployment. The analysis result is in the hospital showed that the standard is still under the MOH. Improvement priorities of this research is a team of technical characteristics of patient safety with the absolute level of 4.625 and the relative level of 15.26%, and the second is the division means inpatient ward facilities, information systems Hospital, a nursing questionnaire, and technical services according to the SOP. From the data processing in mind t' sereare 5 attributes which is below the competitors, the seriousness of nurses to serve the needs and demands of patients, the completeness of the treatment room facilities, cleanliness and tidiness of ward, variety of food menus, the completeness of public facilities RS, smoothness and ease of administrative services atcome in and go home.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?