Analisa stabilitas lereng pada abutmen kiri jembatan, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
S Secara administrasi daerah penelitian berada di Desa Lagadar dan sekitarnya, kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Secara geografis berada pada koordinat 6°55'58.57"S - 6°56'45.82"S LS dan 107°31'18.50"E - 107°32'12.12"E BT. Daerah penelitian mempunyai Skala 1:10.000. Maksud dari penelitian ini ialah untuk mengumpulkan data-data lapangan berupa pengamatan singkapan batuan, analisa langsung sample core dan analisa laboratorium core agar dapat mempelajari mekanisme longsor, faktor keamanan serta teknis penanggulangan longsor yang terjadi pada daerah yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi geologi, geologi teknik, jenis pergerakan tanah, stabilitas pada abutmen kiri jembatan Curup, menentukan nilai faktor keamanan (FK) serta teknis penaganannya untuk mengatasi longsoran pada daerah penelitian.Hasil dari penelitian ini mempunyai jenis lapisan dari muda ke tua yaitu Endapan Alluvial, Lapisan Batupasir tufaan, dan Lapisan Dasit, serta tingkat pelapukan dari lapisan paling tua ke muda adalah Satuan Satuan Lapuk Kuat (HW) dan Satuan Lapuk Sempurna (CW). Pada jenis pergerakan batuan pada daerah penelitian sesuai dengan klasifikasi Varnes (1978) adalah Robohan Batuan (Topple). Hasil Analisia Faktor keamanan (FK) pada daerah penelitian menggunakan Rocscience Slide 6.0 ialah 1.204 yang menurut SNI dikategorikan tidak aman. Maka FK yang dibutuhkan agar lereng menjadi aman adalah 1.5, untuk itu pada lereng digunakan penanggulangan dengan memasang baut beton Baut Beton sepanjang 5 meter pada lapisan yang berpotensi longsor sehingga setelah ditanggulangi nilai FK lereng menjadi 1.502 yang di kategorikan dalam SNI menjadi aman.
A Administratively the research area is located in Lagadar Village and its surroundings, Margaasih district, West Bandung Regency, West Java Province. Geographically, it is at coordinates 6 ° 55'58.57 "S - 6 ° 56'45.82" S LS and 107 ° 31'18.50 "E - 107 ° 32'12.12" E BT. The study area has a scale of 1: 10,000. The purpose of this research is to collect field data in the form of rock outcrop observations, direct analysis of core samples and core laboratory analysis in order to study the mechanism of landslides, safety factors and techniques for landslide management that occur in a predetermined area. The Research objective of this study is to determine the type of soil movement that occurs in bridge abutments and to find out the value of the Safety Factor so that it can provide advice to overcome instability in a given area.The results of this study have types of layers from young to old is Alluvial Deposits, Tuffaceous Sandstones, and Dacite, as well as weathering levels from the oldest to youngest layers are High Weathered Unit (HW) and Completely Weathered Unit (CW). In the type of landslide in the study area according to the classification of Varnes (1978) is Topple. The Result of Analysis of Safety Factor (FK) in the study area using Rocscience Slide 6.0 is 1,204 which according to SNI is categorized as unsafe, then the FK needed for the slope to be safe is 1.5, for this reason, the slope is used by installing concrete bolts with 5 meters long Concrete Bolts on the layer that has the potential for landslides so that after being tackled by FK, the slope becomes 1,502 categorized in SNI to be safe.