pengaruh mekanisme good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi (perusahaan energi yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2017-2021)
P Penelitian ini bertujuan guna mengetahui apakah tiga Mekanisme GoodCorporate Governance (GCG) yaitu Dewan Komisaris Independen, KomiteAudit, dan Kepemilikan Manajerial serta Corporate Social Responsibility (CSR)berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sampel dari penelitian ini adalahsebanyak 26 perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Indonesia (BEI). Datadiperoleh melalui data sekunder. Pada penelitian ini digunakan data laporantahunan dan laporan keberlanjutan periode 2017-2021. Teknik analisis yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Daripenelitian yang telah dilakukan hasil dalam penelitian ini adalah secara individualadalah Dewan komisaris Independen dapat berpengaruh positif terhadap nilaiperusahaan dan Ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat pengaruh antaraDewan Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikkan Manajerial, danCorporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan.
T This study aims to determine whether the three Good Corporate Governance(GCG) Mechanisms, namely the Board of Commissioners' Independence, theAudit Committee, and Managerial Ownership and Corporate SocialResponsibility (CSR) influence company value. The sample of this study were 26companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). Data obtained throughsecondary data. This study used annual report data and sustainability reports forthe 2017-2021 period. The analysis technique used in this study is multiple linearregression analysis. From the research that has been done, the results in thisstudy are that individually, the board of commissioners' independence can affectcompany value and company size is unable to moderate the influence between theboard of commissioners' independence, audit committee, managerial ownership,and corporate social responsibility (CSR) on company value.