Faktor penentu profitabilitas perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
P Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan mengetahui faktor yang mempengaruhi profitabilitas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2021. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return on Assets (ROA) sebagai indikator profitabilitas dan variabel independen antara lainliquidity, working capital, dan leverage. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu adalahfirm size dan firm efficiency. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 44 perusahaan barang konsumsi pada periode 2017-2021 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan model analis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa liquidity tidak memiliki pengaruh terhadap return on assets dan working capital juga menghasilkan tidak memiliki pengaruh terhadap return on assets. Leverage memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap return on assets, firm size memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return on assets serta firm efficiency memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap return on assets. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi perusahaan dan investor dalam melihat faktor pengaruh profitability pada perusahaan barang konsumsi.Implikasi manjerial: Perusahaan dalam meningkatkanprofitability dengan cara mengelola liquidity dan working capital, mengurangi penggunaan hutang (leverage) dalam pendanaan, memperbesar ukuran perusahaan (firm size) dan meningkatkan pendapatan.
T This study aims to test and determine the factors that affect profitability. The sample used in this study is consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the 2017-2021 period. The dependent variable used in this study is the Return on Assets (ROA) as an indicator of profitability and the independent variables include liquidity, working capital, and leverage. In addition, this study also used control variables, namely firm size and firm efficiency. The data used in this study is secondary data with a total sample of 44 consumer goods companies in the 2017-2021 period which were selected using purposive sampling techniques and panel data regression analysis models. The results of this study indicate that liquidity has no effect on return on assets and working capital also has no effect on return on assets. Leverage has a negative and significant effect on return on assets, firm size has a positive and significant effect on return on assets and firm efficiency has a positive and significant effect on return on assets. The results of this study are expected to be a guide for companies and investors in looking at the factors influencing profitability in consumer goods companies.Managerial implications: Company could increase profitability by managing liquidity and working capital, reducing the use of debt (leverage) in funding, increasing firm size, and increasing revenue.