DETAIL KOLEKSI

Optimalisasi potensi ruang pedestrian Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru, Jakarta (optimalization of pedestrian view potention on purchase area Pasar Baru, Jakarta)


Oleh : Siti Abbasiah Pabeangi

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 1999

Pembimbing 1 : Isamoe Prasodyo

Pembimbing 2 : Titiek Debora

Subyek : Landscape architecture - Pedestrian

Kata Kunci : pedestrian mall, public space, pasar baru

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 1999_TA_SAL_08194043_Halaman-Judul.pdf
2. 1999_TA_SAL_08194043_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-2_Studi-Kepustakaan,-Studi-Banding-Dan-Penyigihan-Lapangan.pdf
5. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-3_Identifikasi-Potensi,-Kendala-Dan-Permasalahan.pdf
6. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-4_Program-Kebutuhan-Ruang-Dan-Fasilitas.pdf
7. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-5_Konsep-Perancangan-Lansekap.pdf
8. 1999_TA_SAL_08194043_Bab-6_Rancangan-Lansekap.pdf
9. 1999_TA_SAL_08194043_Daftar-Pustaka.pdf 1
10. 1999_TA_SAL_08194043_Lampiran.pdf

P Perancangan Kawasan Perbelanjaan Pasar Baru, dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat akan ruang publik yang berkualitas di Kota Jakarta ini. Yang didasari dengan tema 'Optimalisasi Ruang Pedestrian' dan interpretasi 'Lansekap sebagai Tempat'. Maksudnya yaitu Kawasan ini dikenal sebagai tempat perbelanjaan yang memiliki potensi yang dapat menarik pengunjung, diantaranya yaitu lokasi yang strategis, pencapaian mudah karena dilewati oleh berbagai jenis transportasi umum, dapat ditemukannya berbagai jenis barang dengan berbagai tingkat harga dan kualitas, juga ciri khas sebagai 'pedestrian mall'. Selain itu kenyataan bahwa Pasar Baru merupakan satu dari sedikit warisan sejarah perjalanan Kota Jakarta yang masih tersisa, menjadikan kawasan pusat perbelanjaan Pasar Baru ini dikenal bukan hanya oleh penduduk Kota Jakarta. Tujuan dari perancangan ini yaitu mewujudkan suatu ruang publik yang memilki ciri khas sebagai 'pedestrian mall', sebagai tempat berkumpul dan bersantai dengan berbagai fasilitas komersial, perkantoran, jasa dan rekreasi agar dapat dicapai sebuah pusat perbelanjaan yang aman, nyaman serta memenuhi kaidah estetika dengan sasaran menyediakan fasilitas umum, street furniture, ruang terbuka hijau dan kegiatan penunjang yang mendukung aktivitas kawasan.Program pengembangan fungsi ruang luar pada perancangan kawasan Pasar Baru terbagi menjadi 2 area yaitu; Area Hunian Campuran (Parkir, jalur pedestrian, area hunian/ruko) dan Area Komersil (Parkir, area penerima/gerbang, pedestrian mall; kios-kios, kafetaria/outdoor cafe, sanggar lukis panggung terbuka, area corat-coret, plaza/air mancur, area bermain anak, area ATM, wc umum). Pembagian area ini disusun berdasarkan pertimbangan kebutuhan pemakai, kondisi tapak, efisiensi tata ruang dan fungsi ruang yang ada.Konsep perancangan tapak ini berdasarkan tema yang dipilih, yaitu 'optimalisasi ruang pedestrian' yang pendekatannya diutamakan pada kenyamanan pemakai dengan pemakaian pola dasar geometris dan transformasinya yang sederhana dan fungsional sehingga dicapai perancangan yang optimal yang didasari dengan pertimbangan fungsi, bentuk, ekonomi, waktu.

P Pasar Baru Purchase area design is based on the peoples need for a better quality of public space in Jakarta, which based on the theme Optimalization of pedestrian view and interpretation "Landscape as Place". Which means; this area is well known as a purchase area with attractive potential for the visitor, that is, strategic location, easy to reach because there are many general transportation pass through this place, many kinds of things founded there with a great deal of diversity in price and quality, also a special character as a "pedestrian mall". Besides the fact that Pasar Baru is one of many other history inheritance in Jakarta which is left, makes this Pasar Baru purchase area is well knwon not only by Jakarta Citizen. The aim of this design is to discover a public space with a special character as "pedestrian mall", as a place for people to gather around and refresh themselves with many kinds of commercial, office, recreation and service facilities so that is would become save and sound, and esthetics qualified purchase area with several targets, that is, to provide general facilities, street furniture, green open space and other supporting activies for the are.The program of outside space function development toward the design of Pasar Baru area divided into two areas; Mixed inhabited area (parking, entrance gate area, plaza/fountain, children play ground, ATM, toilets). The are division is organized based on users need consideration, site condition, managemen area efficiency and space function existed the site design concept is based on the theme chosen, that is the optimalization of pedestrian space with users comfort approachment principal, using geometric base pattern and the simple and functional transformation so that the optimal design based on function form, economical and time consideration would be accomplished.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?