DETAIL KOLEKSI

Perancangan papan bermain bertema pramuka sebagai pembelajaran


Oleh : Resty Fauzyah

Info Katalog

Nomor Panggil : 0006/DKV/2019

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Agus Nugroho Udjianto

Pembimbing 2 : Menul Teguh Riyanti

Subyek : Game - Design;Educational game

Kata Kunci : board game, scout, instructional media

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_SDK_091301500043_Halaman-Judul.pdf
2. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-1.pdf 6
3. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_SDK_091301500043_Bab-6.pdf
8. 2019_TA_SDK_091301500043_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2019_TA_SDK_091301500043_Lampiran.pdf

M Moral dan sikap remaja Indonesia tercermin dari perbuatan-perbuatannya dalam kehidupan sehari-hari. Rusaknya moral anak-anak Indonesia disebabkan oleh kemajuan teknologi, selain itu juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengaruh lingkungan sekitar, hilangnya kejujuran, hilangnya rasa tanggung jawab, dan lunturnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang utuh. Indonesia membutuhkan generasi muda yang memiliki bekal untuk masa depan supaya memiliki sikap bermoral dan berkepribadian baik. Pendidikan karakter memberikan banyak manfaat yang dapat menjadi bekal untuk anak-anak bangsa. Salah satu pendidikan di Indonesia yang dapat membangun karakter adalah pendidikan pramuka. Kepramukaan memiliki prinsip dasar, yaitu norma dan nilai. Nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan pramuka dapat membantu memperbaiki rusaknya moral generasi muda menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Memperbaiki moral dan belajar dapat dilakukan dengan cara yang mengasikkan, yaitu dengan bermain. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan efektivitas dalam belajar, yaitu dengan membuat papan permainan bertema pramuka yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar, memberikan ilmu pengetahuan dan meningkatkan moral, memberikan sikap disiplin, dan bertanggung jawab.

T The morals and attitudes of Indonesian youth are reflected in their actions in everyday life. The moral damage of Indonesian children is not only caused by technological advances, but is also caused by several factors, such as the influence of the surrounding environment, loss of honesty, loss of sense of responsibility, and waning community unity and integrity. Indonesia needs young people who have the provision for the future to have a good moral attitude and personality. Character education provides many benefits that can be a provision for the children of the nation. One of education in Indonesia that can build character is scouting education. Scouting has basic principles, namely norms and values. The values contained in scouting activities can help repair the moral damage of the younger generation to become a better person. Improving morale and learning can be done excitingly, namely by playing. Therefore, the purpose of this study is to provide effectiveness in learning, namely by making scout-themed board games that are expected to increase interest in learning, provide knowledge and improve morale, provide a disciplined attitude, and be responsible.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?