Pengaruh ukuran perusahaan, usia perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan media exposure terhadap corporate social responsibility
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, usia perusahaan, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, dan media exposure terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada 45 perusahaan yang terdaftar dalam index LQ 45 periode Februari 2019. Total sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 63 perusahaan yang mengungkapan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan berturut-turut dari periode tahun 2015 sampai dengan 2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan (2) usia perusahaan tidak memiliki pengaruh yang siginfikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan (3) pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan (4) profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan (5) media exposure memiliki pengaruh signifikan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan.
T The purpose of this research is to determine the effect of company size, age of company, growth of company, profitability and media exposure on corporate social responsibility. This research use quantitative method and secondary data through the company financial statement and sustainability report. Samples were taken by purposive sampling on 45 company that listed in LQ 45 on February periode 2019. The total population is 63 company that disclose the financial statement and sustainability report from 2015 until 2017.The result show that (1) size of company have an effect significantly on corporate social responsibility (2) age of company doesn’t have significant correlation with corporate social responsibility (3) growth of company doesn’t have significant correlation with corporate social responsibility (4) Profitability have a significant with corporate social responsibility and (5) media exposure have a significant correlation with corporate social responsibility.