DETAIL KOLEKSI

Perancangan model lean manufacturing untuk mereduksi cost dan meningkatkan customer perceived value (Studi Kasus di Industri Consumer Goods)

5.0


Oleh : Suhendi

Info Katalog

Subyek : Production control;Lean manufacturing

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Dorina Hetharia

Pembimbing 2 : Iveline Anne Marie

Kata Kunci : lean manufacturing, waste, reduce costs, customer perceived value


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TS_MTI_163150003_Halaman-Judul.pdf 315.8
2. 2019_TS_MTI_163150003_Lembar-Pengesahan.pdf 163.53
3. 2019_TS_MTI_163150003_Bab-1_Pendahuluan.pdf 177.18
4. 2019_TS_MTI_163150003_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 872.82
5. 2019_TS_MTI_163150003_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 470.9
6. 2019_TS_MTI_163150003_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 3234.37
7. 2019_TS_MTI_163150003_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 147.63
8. 2019_TS_MTI_163150003_Daftar-Pustaka.pdf 295.39
9. 2019_TS_MTI_163150003_Lampiran.pdf 496.73

M Menghadapi persaingan industri yang semakin ketat, perusahaan manufaktur berusaha meningkatkan daya saingnya dengan meningkatkan produktifitas, kualitas dan juga efisiensinya. Dalam proses produksi pembuatan produk, perusahaan juga mengalami masalah terjadinya waste. Waste berdampak secara langsung kepada menurunnya produktifitas dan tingginya biaya produksi. Pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan lean manufacturing, yaitu konsep yang bertujuan untuk menghasilkan proses manufaktur yang lebih efisien dengan mengeliminasi semua unsur waste dalam proses pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan model lean manufacturing dengan menggunakan beberapa alat bantu yang sesuai untuk mereduksi biaya dan meningkatkan customer perceived value. Penelitian dimulai dari perumusan masalah dan penentuan tujuan, pengumpulan data kemudian dilanjutkan dengan merancang model dan proses validasinya. Hasil rancangan model divalidasi dengan menggunakan kasus pada perusahaan manufaktur consumer goods. Hasil dari validasi pada salah satu produk pembersih menunjukkan penurunan waste dan biaya serta peningkatan customer perceived value, yang ditunjukkan dengan menurunnya keluhan pelanggan setelah penerapan rancangan model. Diharapkan rancangan model lean manufacturing ini dapat menjadi solusi bagi perusahaan manufaktur dan perusahaan di bidang lainnya untuk dapat mereduksi biaya dan meningkatkan customer perceived value.

F Facing the increasingly fierce industrial competition, manufacturing company in various fields always improve its competitiveness by increasing its productivity, quality and efficiency. In the production process of making products, the company also faces the problem of waste. Waste ini directly affecting the decrease in productivity and high production costs. Tools that can be used to overcome the problem is to apply lean manufacturing, which is a concept that aims to produce more efficient manufacturing by eliminating all waste elements in the manufacturing process. In this research will be design lean manufacturing model by using some lean tools appropriate to reduce cost and improve customer perceived value. Research started from the formulation of the problem and determination of goals, data collection and then design the model and validation process. The result of the model is validated using cases in consumer goods manufacturing companies. The validation result show waste and cost reduction and also customer perceived value improvement, which is indicated by decrease in customer complain after implementing the model. It is expected that the design of lean manufacturing models can be a solution for manufacturing companies and other field companies to be able to reduce costs and improve customer perceived value.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?