Anteseden dan konsekuensi attitude toward destination pada wisata bahari
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Subjective Norms, BrandGestalt, dan Destination Trust terhadap Visit Intention melalui mediasi AttitudeToward Destination pada destinasi wisata bahari di Indonesia. Metode pengambilansampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling denganmenggunakan Teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 230responden yang pernah atau berencana mengunjungi destinasi wisata bahari. Analisisdata dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuansoftware AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjective Norms, BrandGestalt, dan Destination Trust memiliki pengaruh positif terhadap Attitude TowardDestination, dan Attitude Toward Destination berperan sebagai mediator yangsignifikan antara ketiga variabel tersebut terhadap Visit Intention. Implikasi daripenelitian ini adalah pentingnya membangun citra dan kepercayaan destinasi untukmeningkatkan minat kunjungan wisatawan. Pelaku industri wisata dan pemerintahdapat meningkatkan Visit Intention dengan fokus pada penguatan elemen-elemen yangmendukung Brand Gestalt dan Destination Trust.
T This study aims to examine the influence of Subjective Norms, Brand Gestalt,and Destination Trust on Visit Intention through the mediation of Attitude TowardDestination on marine tourism destinations in Indonesia. The sampling method usedin this study is non-probability sampling using the purposive sampling technique witha sample of 230 respondents who have visited or plan to visit marine tourismdestinations. Data analysis was carried out using Structural Equation Modeling(SEM) with the help of AMOS software. The results show that Subjective Norms, BrandGestalt, and Destination Trust have a positive influence on Attitude TowardDestination, and Attitude Toward Destination acts as a significant mediator betweenthe three variables on Visit Intention. The implication of this study is the importanceof building the image and trust of the destination to increase the interest of tourists invisiting. Tourism industry players and the government can increase Visit Intention byfocusing on strengthening elements that support Brand Gestalt and Destination Trust.