DETAIL KOLEKSI

Perhitungan kick tolerance pada operasi pemboran deep water dengan mempertimbangkan choke line friction loss


Oleh : Daddy Sutansyah

Info Katalog

Subyek : Oil well drilling rigs

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Muhammad Taufiq Fathaddin

Pembimbing 2 : Muhammad Burhannudinnur

Kata Kunci : kick tolerance, compressibility factor, choke line friction loss

Status Posting : Unpublished

Status : Lengkap

K Kick tolerance adalah maksimum volume kick yang dapat ditoleransi dan disirkulasikan tanpa membuat formasi pecah (fract). Pada operasi pemboran deep water ada salah satu parameter yang menjadi perbedaan signifikan pada operasi darat (onshore) dan shallow water, yaitu water depth column (choke line friction loss-CLFL). Pada perhitungan kick tolerance umum yang dipakai, diketahui juga tidak memasukkan faktor penting lainnya, yaitu compressibility factor. Parameter ini digunakan untuk memperhitungkan perilaku gas sesuai komposisi tertentu dari influx yang masuk kedalam lubang sumur. Choke line friction loss merupakan pressure loss yang dihasilkan dari sirkulasi fluida pemboran ketika melewati choke line. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan membandingkan metode perhitungan kick tolerance dengan menambahkan parameter choke line friction loss (CLFL) dan compressibility factor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan perolehan data dari hasil post drill pemboran 1 (satu) eksplorasi. Analisa perhitungan dengan penambahan CLFL dilakukan sensitivitas pada 4 (empat) titik kedalaman water depth (500 m, 1184.9 m, 1500 m, 2000 m). Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa dengan modelling yang lebih akurat dapat memberikan nilai safety operasi yang lebih tinggi guna menentukan langkah operasi berikutnya dalam penanganan well control event (normal kick well control treatment/method). Oleh sebab itu, perhitungan kick tolerance yang akurat sangat penting, terutama dalam perencanaan well control dan casing design.

K Kick tolerance is the maximum kick volume that can be tolerated and circulated without fracturing the formation. In deep water drilling operations there is one parameter that is a significant difference between onshore and shallow water operations, that difference is water depth column (choke line friction loss-CLFL). The common kick tolerance calculations used and also known among engineers are not considered another important factor which is the compressibility factor. This parameter is used to consider and calculate for gas behaviour according to the specific composition of the influx into the wellbore and for Choke Line Friction Loss (CLFL) is a pressure loss resulting from the circulation of drilling fluid when passing through the choke line. This research aims to develop and compare kick tolerance calculation conventional methods by adding choke line friction loss (CLFL) and compressibility factor parameters. This research uses a quantitative method by obtaining data from the results of post drill drilling 1 (one) exploration. Analysis of calculations with the addition of CLFL is carried out sensitivity at 4 (four) water depth points (500 m, 1184.9 m, 1500 m, 2000 m). The results of this calculation show that with more accurate modelling giving higher operation safety value to determine the next step in handling well control events/planning (normal kick well control treatment/method) and also very important in casing design.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?