DETAIL KOLEKSI

Penggunaan metode service scorecard untuk pengukuran kinerja pelayanan jasa pada PT. Pelita Air Service


Oleh : Muhammad Aditya Friandi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Tiena Gustina Amran

Pembimbing 2 : Nurlailah Badariah

Subyek : Corporations - Performance standards;Personnel management;Organizational effectiveness

Kata Kunci : service scorecard, balanced scorecard, strategy mapping

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2014_TA_STI_06308103_Halaman-Judul.pdf
2. 2014_TA_STI_06308103_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2014_TA_STI_06308103_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2014_TA_STI_06308103_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2014_TA_STI_06308103_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2014_TA_STI_06308103_Bab-4_Pengumpulan.pdf
7. 2014_TA_STI_06308103_Bab-5_Perancangan-Model.pdf
8. 2014_TA_STI_06308103_Bab-6_Pengukuran-Kinerja.pdf
9. 2014_TA_STI_06308103_Bab-7_Analisa-Pelayanan.pdf
10. 2014_TA_STI_06308103_Bab-8_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
11. 2014_TA_STI_06308103_Lampiran.pdf

P Pengukuran kinerja pelayanan pada suatu perusahaan merupakan salah satu hal penting yangharus dibuat oleh sebuah perusahaan. Untuk sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa,pelayanan merupakan tolak ukur penting dalam mengukur perkembangan dan kemajuanperusahaan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi tujuan strategis perusahaan yaitu faktorinternal yang berasal dari dan faktor eksternal yang berasal dari luar perusahaan. Faktor-faktorinilah yang seharusnya diperhatikan oleh perusahaan untuk menentukan dan merumuskan suatutujuan strategis yang dapat memenuhi visi dan misi perusahaan. Salah satu contoh faktor internalyaitu, adanya inovasi yang akan dibuat oleh perusahaan dalam hal untuk meningkatkan kualitaspelayanan jasa terhadap para pelanggan, sedangkan salah satu contoh faktor eksternal yaituadanya kompetitor yang mengharuskan penyesuaian yang lebih baik agar dapat bersaing denganpesaing yang telah ada. Pengukuran kinerja pelayanan suatu perusahaan dapat digunakan denganmenggunakan metode Service Scorecard. Penggunaan metode Service Scorecard lebih spesifikdibandingkan penggunaan metode Balance Scorecard dimana Service Scorecard mengambil danmengacu kepada salah satu perspektif yang terdapat pada Balanced Scorecard. Pada BalancedScorecard terdapat 4 perspektif utama yaitu : perspektif finansial, perspektif pelanggan,perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Sedangkan padaService Scorecard sendiri terbagi menjadi 7 perspektif yaitu : Growth, Leadearship,Acceleration, Collaboration, Innovation, Execution, Retention. Metode Service Scorecardmemang ditujukan untuk mengukur suatu tingkat kinerja pelayanan dalam suatu perusahaan.Tujuan strategis yang dibuat dalam suatu Strategy Mapping sangat berguna untuk menyusunlangkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh perusahaan. Strategy Mapping dari ketujuhperspektif ini kemudian akan diberikan pembobotan penting dalam setiap langkah strategi,dimana bobot yang tertinggi harus lebih didahulukan dan disegerakan pengerjaannya.

P Performance measurement services to an enterprise is one of the important things that have tobe made by a company . For a company engaged in the service , the service is an importantyardstick in measuring the development and progress of the company . The factors that influencethe company's strategic objectives are derived from the internal factors and external factors thatoriginate outside the enterprise. Factors that should be considered by the company to determineand formulate a strategic goal to fulfill the vision and mission of the company . One example ofan internal factor , namely , the innovation that will be made by the company in terms ofimproving quality of service to customers , while an example of external factors , namely thepresence of competitors that may require adjustments in order to better compete with existingcompetitors. Performance measurement of a company's services can be used by using ServiceScorecard . Use of Service Scorecard method is more specific than the use of the method inwhich the Service Scorecard Balanced Scorecard take and refer to one of the perspectivecontained in the Balanced Scorecard . In the Balanced Scorecard , there are 4 main perspectives: financial perspective , customer perspective, internal business processes , learning and growthperspective . While the service scorecard itself is divided into 7 perspectives: Growth ,Leadearship , Acceleration , Collaboration , Innovation , Execution , Retention . ServiceScorecard method is intended to measure the performance level of service in a company .Strategic goals made in a Mapping Strategy is very useful to formulate the next steps to be takenby the company . Strategy Mapping of the seven perspectives will then be given a significantweighting in each step of the strategy , in which the highest weight should be prioritized andexpedited process.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?