Pengukuran kinerja PT. Sejahtera Buana Trada menggunakan service scorecard
P PT. Sejahtera Buana Trada merupakan salah satu perusahaan jasa berupa dealer yang melakukan menjual kendaraan roda empat atau mobil khususnya produk Suzuki, menjual sparepart mobil, dan service mobil. PT. Sejahtera Buana Trada membutuhkan model pengukuran kinerja untuk mengetahui pencapaian perusahaan dalam mencapai visinya yang dilihat secara subjektif dan objektif serta juga meningkatkan kinerjanya dari segala aspek perusahaan. Model pengukuran kinerja yang cocok digunakan adalah Service Scorecard. Tahap pertama yang dilakukan adalah menganalisa faktor internal dan eksternal perusahaan. Kemudian, melakukan analisa SWOT yang menghasilkan 12 strategi yang kemudian dibagi kedalam 7 pesrspektif pada Service Scorecard. Kemudian, dilakukan perumusan visi, misi, tujuan dan strategi perusahaan yang kemudian diturunkan menjadi tujuan strategis. Selanjutnya, dilakukan penyusunan KPI (Key Performance Indicator) dan dilakukan pembobotan dan penentuan target terhadap setiap tujuan strategis. Setelah diperoleh bobot dan target maka dilakukan pengukuran kinerja. Dari hasil pengukuran kinerja diperoleh total skor 23.57 dengan rata – rata 3.93 . KPI yang mendapatkan skor rendah yaitu penambahan jumlah karyawan dan Net Promoter Index dengan skor 3. Untuk KPI penambahan jumlah karyawan usukan perbaikan yang diberikan yaitu perekrutan karyawan lebih selektif dan penerapan peraturan karyawan lebih ketat kepada karyawan. Usulan untuk KPI Net Promoter Index, yaitu pengelolaan sumber daya lebih efektif, dan melakukan promosi lebih inovatif.
P PT. Sejahtera Buana Trada is a service firm dealer shape which sell four wheel vehicles or car, especially Suzuki’s brand, sell car’s spareparts and car’s service. PT. Sejahtera Buana Trada need performance measurement to know company achivement form achive its vision which looked subjective and objective and also improbe its performance froma all aspect.s. The performance measurement which suitable is Service Scorecard The first step is analyze internal and external company factor. After that, analyze SWOT which then produce 12 strategies. Which then divided into 7 perspective of Service Scorecard. Then, make company’s vision, missions, goals, and strategie which then lowered to be strategic objectives. Then, make KPI (Key Performance Indicator) and do weighting and making target for each strategic objectives . After getting weight, Measure companies performance. From performance measurement is got total score 23.57 with average score 3.93. KPI with lowest score is employee addition and Net Promoter Index with 3 for each KPI’s. For employee addition, KPI’s suggestions are more selective on employee recruitment and apllicate rules on company more strict to employee. Suggestions for Net Promoter Index’s KPI’s are more effective for resource management and promotion more innovative for promotion.