DETAIL KOLEKSI

Pengaruh jenis filter udara terhadap performa mesin sepeda motor automatic


Oleh : Muhammad Luthfi Nafis

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Rosyida Permatasari

Subyek : Automobile industry;Mechanical engineering

Kata Kunci : intake manifold, air filter, CFD


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2019_TA_STM_061001500035_Halaman-Judul.pdf 259.75
2. 2019_TA_STM_061001500035_Lembar-Pengesahan.pdf 938.77
3. 2019_TA_STM_061001500035_Bab-1_Pendahuluan.pdf 107.66
4. 2019_TA_STM_061001500035_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 478.59
5. 2019_TA_STM_061001500035_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 925.79
6. 2019_TA_STM_061001500035_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf 733.09
7. 2019_TA_STM_061001500035_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 160.57
8. 2019_TA_STM_061001500035_Daftar-Pustaka.pdf 147.01
9. 2019_TA_STM_061001500035_Lampiran.pdf 84.74

P Pencampuran udara dan bahan bakar yang lebih homogen akan meningkatkanperforma sebuah motor bensin. Pencampuran tersebut terjadi akibat adanya efekturbulensi pada intake manifold mesin bensin. Efek turbulensi akan menimbulkanadanya peningkatan laju aliran massa udara pada intake manifold. Penelitian inimenguji pengaruh perubahan jenis filter udara terhadap performa mesin sepedamotor automatic 150cc yang diakibatkan oleh peningkatan laju aliran massa udara.Jenis filter udara yang diuji yaitu filter kertas, busa dan stainless steel. Penelitianini akan mengunakan dua metode yaitu eksperimen dengan dynotest dan simulasidengan metode CFD. Setelah melakukan pengujian, didapat bahwa terjadi kenaikanperforma mesin yang berbeda pada tiap jenis filter udara yang dipakai. Pemakaianfilter stainless steel menunjukkan nilai daya terbesar (6,99 kW) pada rpm 7000,sedangkan penggunaan filter busa memperlihatkan nilai torsi terbesar (9,37 Nm)dibanding kedua filter lainnya pada puataran mesin yang sama.

M More homogeneous mixing of air and fuel will improve the performance of agasoline engine. The mixing occurs due to the turbulence effect on the gasolineengine intake manifold. The turbulence effect will cause an increase in the air massflow rate at the intake manifold. This study examined the effect of changes in thetype of air filter on the performance of a 150cc automatic motorcycle engine causedby an increase in the air mass flow rate. The types of air filters tested are paperfilters, foam and stainless steel. This study will use two methods, the methods areexperiments with dynotest and simulation using the CFD method. After testing, itwas found that there was a different increase in engine performance in each typeof air filter used. The use of stainless steel filters shows the greatest power value(6.99 kW) at 7,000 rpm, while the use of foam filters shows the greatest torque value(9.37 Nm) compared to the other two filters on the same engine spreading

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?