Usulan strategi pemasaran internal dalam usaha ekspansi program penyiaran bidang politik di PT. Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV)
P PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (Trans TV) merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang ada di Indonesia. Perusahaan ini saling bersaing dengan stasiun televisi swasta lain m.elakukan berbagai upaya agar tetap eksis dalam menghadapi dinam.ika selera pemirsa. Dengan persaingan yang ketat antar stasiun televisi swasta ini, maka diharapkan setiap perusahaan hams berusaha merebut segmen pasar sebesar besarnya.Trans TV sedang berusaha melakukan ekspansi program penyiarannya agar dapat menjaring lebih banyak pemirsa dari berbagai segmen pasar. Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data, diketahui bahwa jenis program siaran politik Trans TV dirasakan masih sangat kurang. Sehingga pihak manajemen tingkat atas mem.utuskan untuk melakukan ekspansi program penyiaran dalam bidang politik. Namun sebelumnya perusahaan hams melakukan pemasaran secara internal (internal marketing) untuk mengetahui tanggapan dari para karyawan terhadap usaha ekspansi yang akan dilakukan. Penulis mencoba menerapkan langkah-langkah yang diajarkan dalam teori Internal Marketing dengan menggunakan elemen-elemen konsep bauran pemasaran internal dari model internal marketing multi level yaitu Product, Participants, Positioning, Process, Price, Promotion, dan Place.Terdapat lima proses yang hams dilakukan yaitu melakukan segmentasi karyawan dengan menggunakan metode perhitungan Analisis K-Means Cluster, menentukan karakteristik dari masing-masing segmen dengan menggunakan Tabulasi Silang (Crosstab). Kemudian dilanjutkan dengan menentukan target pasar dalam pemasaran internal ini. Berdasarkan hasil kuesioner diperoleh urutan-urutan jenjs program politik yang paling diminati oleh responden adalah jenis program politik 1 (Talkshow politik , pencerahan masyarakat oleh pakar tentang definisi dan istilah politik, hak dan kewajiban politik , ram.bu-ram.bu dan etika politik),jenis 3 (Talkshow masalah lingkungan praktis oleh pakar dan birokrat), jenis 5 (Talkshow dengan tokoh Lembaga Swadaya Mayarakat (LSM) di bidang Hak Asasi Manusia, Lingkungan hidup, Ekonorni , Hukum dan Politik Um.um) , jenis 7 (Debat akademis mahasiswa dengan tokoh LSM untuk topik yang relevan),jenis 9 (Program "hati nurani" dengan mengundang anggota masyarakat secara total spektrum), dan jenis 11 (Talkshow interaktif dengan politikus wanita). Namun karena pihak perusahaan hanya menyediakan tiga slot kosong untuk program siaran politik maka dilakukan pemilihan jenis program siaran dari altematif-altematif jenis-jenis program siaran politik yang telah disebutkan. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process maka jenis-jenis program politik yang terpilib untuk ditayangkan adalah jenis program politik 9, 5, dan 3. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membuat usulan strategi-strategi pemasaran internal berdasarkan elemen-elemen konsep bauran pemasaran internal dari model internal marketing multi level yaitu Produ ct, Participants, Positioning , Process, Price, Promotion, dan Place.
P PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (Trans TV) is one of the private television broadcasting stations in Indonesia . This company competes with other private television broadcasting companies by conducting various programs to maintain its existence in coping with the dynamics needs of the television audiences. With the vecy tight competition between private television stations, each company has to struggle in achieving of the biggest market shares.Trans TV is exercising to expand its broadcasting program to cope for more television audiences of the various market segments. After observing and collecting data, it is uncovered that the broadcasting program of politics of Trans TV currently is felt insufficient. That drives the upper management to expand the broadcasting program on politics. However, the company will exercise internal marketing first to evaluate the responses of the employees to this endeavor before launching the expansion of the broadcasting program. The author is trying to implement steps of Internal Marketing theory with elements of internal marketing mix concept derived from a multi level model of internal marketing, they are Product, Participants, Positioning, Process, Price, Promotion, and Place.There are five processes to exercise, they are segmentation of employees with themethod of Analyses of K-Means Cluster, determining the characteristics of each segment using Cross Tabulation (Crosstab). Then determine the marketing target of this internal marketing. Further, the evaluation of the questionnaire results indicate there are several political programs voted by the respondents consecutively : political program no.l (political talkshow, politics edification by experts covering definition, terminology , boundacy and ethics of politics), political program no.3 (talkshow of the environmental practices by experts and bureaucrats) , political program no.5 (talkshow with the non govemment organizations leaders covering the topics of human rights, environment, economy , laws, and general politics), political program no.7 (academic debate between students and non-government organizations leaders of the relevant topics), political program no.9 (program of the "heart feeling" that will invite all representatives of all spectrum of the society in tum), and political program no.11 (interactive talkshow with the woman politician). However, because the company has made only three slots available for the expansion, thence, a selection is made from all the alternatives. With the calculation using the method of Analytical Hierarchy Process, the programs that are selected are political program no.9, 5, and 3. Finally the last step is to make a recommendation of the marketing strategies of the internal marketing based on the elements of internal marketing mix concept derived from a multi level model of internal marketing , they are Product, Participants, Positioning , Process, Price , Promotion, and Place .