DETAIL KOLEKSI

Usulan peningkatan kepuasan pelanggan balackberry provider xl di kalangan mahasiswa dengan menggunakan pendekatan metode quality fuction deplopment


Oleh : Whisnu Prawiyanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Nurlailah Badariah

Pembimbing 2 : Wisnu Sakti Dewobroto

Subyek : Telecommunication company;Customer services;Communication system

Kata Kunci : proposed increase, customer satisfaction, blackberry provider xl

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_TI_06304187_1_Halaman-Judul.pdf 22
2. 2011_TA_TI_06304187_2_Bab-1.pdf 5
3. 2011_TA_TI_06304187_3_Bab-2.pdf
4. 2011_TA_TI_06304187_4_Bab-3.pdf
5. 2011_TA_TI_06304187_5_Bab-4.pdf
6. 2011_TA_TI_06304187_6_Bab-5.pdf
7. 2011_TA_TI_06304187_7_Bab-6.pdf
8. 2011_TA_TI_06304187_8_Daftar-Pustaka.pdf 1
9. 2011_TA_TI_06304187_9_Lampiran.pdf

P PT. XL Axiata Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi. Dimana pada scat ini, semakin banyak pesaing yang menawarkan kualitas pelayanan BlackBerry yang lebih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik teknis dari perusahaan untuk pelanggan BlackBerry provider XL, serta memberikan usulan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada BlackBerry XL. Dengan menyebarkan kuesioner pendahuluan didapatkan sebanyak 23 atribut kebutuhan pelanggan pada BlackBerry XL. Dengan melakukan penyebaran kuesioner penelitian didapat nilai rata-rata tingkat kepentingan sebesar 4,49 dan tingkat kepuasan 3,80. Dengan menggunakan Importance Performance Analysis, dari sebanyak 23 atribut yang tersebut, didapatkan sebanyak 6 atribut yang penting tapi tidak puas yaitu jangkauan sinyal yang luas, jaringan sinyal yang kuat, pesan singkat dalam Blackberry sampai tepat waktu, mengakses Internet dengan cepat, tarif pulsa menelepon ke operator lain murah, dan jaringan sinyal untuk fitur 3G yang kuat da luas. Dan akan dilakukan penelitian dengan menggunakan metode Quality Function Development. Dari 6 atribut kebutuhan pelanggan didapatkan 5 karakteristik teknis BlackBerry XL antara lain penambahan kapasitas bandwidth ke Research In Motion (RIM)untuk akses layanan BlackBerry menjadi 1,6 Gbps, penambahan jumlah menara BTS (Base Transceiver Station) di tahun 2011, negosiasi harga interkoneksi dengan operator lain dengan menekan harga sampai dengan minimal, penambahan jumlah menara BTS (Base Transceiver Station) 3G di tahun 2011, membangun infrastruktur Fiber Optik yang terbentang di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok Kalimantan dan Sulawesi. Setelah melakukan pembentukan matriks Quality Function Deployment dan diproyeksikan dengan House Of Quality dapatkan 3 prioritas utama dalam usaha peningkatan kualitas pelayanan BlackBerry XL. Usulan yang dapat diberikan antara lain adanya penambahan menara BTS hingga 3000 ditahun 2011, penambahan kapasitas bandwidth kepada Reseach In Motion sebesar 1,6 Gbps, dan penambahan menara BIS hingga 1500 ditahun 2011.

P PT. XL Axiata Tbk. is a company engaged in telecommunications. Where on this scat, more and more competitors who offer BlackBerry service quality more. This study was conducted to determine the technical characteristics of the company for BlackBerry customer provider XL, and provide suggestions to improve customer satisfaction on BlackBerry XL. By spreading the preliminary questionnaire we get 23 attributes of customer requirement on BlackBerry XL. By doing the research questionnaires spreading obtained the average value of importance level of 4.49 and the level of satisfaction 3.80. By using the Importance Performance Analysis, of the 23 attributes, there are 6 important attributes but not satisfied that the wide signal range, strong signal network, short message in Blackberry to timely, access the Internet quickly, other low-cost carriers, and signal networks for powerful and wide 3G features. And will do research by using method of Quality Function Development. From 6 attributes of customer requirement, there are 5 technical characteristics of BlackBerry XL such as additional bandwidth capacity to Research In Motion (RIM) to access BlackBerry service to 1.6 Gbps, BTS Transceiver Station addition in 2011, price interconnection negotiation with operators by pushing prices up to a minimum, adding to the number of 3G BTS (Base Transceiver Station) towers in 2011, building Fiber Optic infrastructure stretching along the islands of Sumatra, Java, Bali, Lombok Kalimantan and Sulawesi. After performing the formation of Quality Function Deployment matrix and projected with House Of Quality get 3 main priority in effort to improve service quality of BlackBerry XL. Proposals that can be given include the addition of BTS towers up to 3000 in 2011, the addition of bandwidth capacity to Reseach In Motion of 1.6 Gbps, and the addition of BIS tower up to 1500 in 2011.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?