Analisis sentimen aplikasi pintarnya di Google Play Store menggunakan metode CNN dan ekstraksi fitur BERT
A Aplikasi Pintarnya merupakan sebuah platform yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan dan juga berfungsi sebagai aplikasi yang menghubungkan individu yang mencari pekerjaan dengan perusahaan atau pemilik bisnis. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dan layanan bagi para pencari kerja dan perusahaan atau pemilik bisnis. Berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan banyak para pencari kerja dan perusahaan yang mencari kandidat tenaga kerja memasang aplikasi ini pada smartphone nya, sehingga banyak orang yang menulis ulasan tentang aplikasi ini. Pengelola usaha selalu tertarik untuk memahami pandangan dan ulasan yang diberikan oleh pengguna mengenai aplikasi dan layanan yang mereka tawarkan dengan memeriksa komentar dan pendapat publik, ini bisa menjadi cara yang berguna untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana layanan Pintarnya dinilai oleh pengguna, oleh karena itu diperlukan analisis yang lebih mendalam mengenai ulasan-ulasan yang telah diberikan dengan menerapkan analisis sentimen. Penelitian ini mengambil data ulasan aplikasi Pintarnya sebanyak 8.000 data dari Google Play Store. Model sentimen analisis dibangun dengan metode Convolutional Neural Network (CNN), ekstraksi fitur Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) dan menggunakan Robustly Optimized BERT approach (RoBERTa) dan Rating Bintang sebagai labeling. Hasil eksperimen dengan menggunakan batch size 16 dan epoch 50 menunjukkan bahwa model mendapatkan hasil akurasi yang paling baik dengan pelabelan RoBERTa maupun Rating Bintang. Hasil dengan pelabelan RoBERTa mendapatkan akurasi sebesar 78%, presisi sebesar 76%, recall sebesar 78% dan F1-score sebesar 75% dan hasil dengan pelabelan rating bintang mendapatkan akurasi sebesar 90%, presisi sebesar 88%, recall sebesar 90% dan F1-Score sebesar 89%.Kata kunci : Analisis sentimen, Aplikasi Pintarnya, CNN, BERT, RoBERTa, Rating Bintang
P Pintarnya Applications on GooglePlay Store Using CNN Method and BERT Feature ExtractionPintarnya Application is a platform that provides information about job vacancies and also functions as an application that connects individuals looking for work with companies or business owners. This application provides various features and services for job seekers and companies or business owners. The various features and services offered by many job seekers and companies looking for job candidates install this application on smartphone so many people write reviews about this application. Business managers are always interested in understanding the views and reviews given by users regarding the applications and services they offer by checking public comments and opinions, this can be a useful way to get information about how their Smart services are rated by users, therefore a thorough analysis is needed more in depth regarding the reviews that have been provided by applying sentiment analysis. This research took data from 8,000 Pintarnya application reviews Google Play Store. The sentiment analysis model was built using the Convolutional Neural Network (CNN) method, Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) feature extraction and using Robustly Optimized BERT approach (RoBERTa) and Star Rating as labeling. Experimental results using batch size 16 and epoch 50 show that the model gets the best accuracy results with RoBERTa labeling and Star Rating. The results with RoBERTa labeling get an accuracy of 78%, precision of 76%, recall of 78% and F1-score of 75% and the results with star rating labeling get an accuracy of 90%, precision of 88%, recall of 90% and F1-Score of 89%.Keywords : Sentiment analysis, Pintarnya Applications, CNN, BERT, RoBERTa