DETAIL KOLEKSI

Optimalisasi kinerja dermaga penumpang pada terminal Jamrud Utara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya


Oleh : Muhammad Rizki Mandiri

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Siwandi Saputro

Subyek : Port - Optimization of performance

Kata Kunci : berth occupancy ratio, port of Tanjung Perak.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_TS_051001400114_Halaman-judul.pdf
2. 2020_TA_TS_051001400114_Bab-1.pdf
3. 2020_TA_TS_051001400114_Bab-2.pdf
4. 2020_TA_TS_051001400114_Bab-3.pdf
5. 2020_TA_TS_051001400114_Bab-4.pdf
6. 2020_TA_TS_051001400114_Bab-5.pdf
7. 2020_TA_TS_051001400114_Daftar-Pustaka.pdf

I Indonesia merupakan negara kepulauan / maritim yang dua pertiga wilayahnya adalah perairan dan terletak padaalokasi yang strategis karena berada dipersinggahan rute perdagangan dunia.Sebagai Negara kepulauan, peran pelabuhan sangat vital dalam perekonomian Indonesia. Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebuah pelabuhan yang terdapat di Surabaya, Jawa Timur. Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok dan juga sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian timur. Pemanfaatan penggunaan pelabuhan sangat berpengaruh terhadap kinerja pelayanan dan kepuasan pelangganterhadap kinerja pelabuhan yang cepat dan effisien. Oleh karena itu perlunya optimalisasi kinerja dermaga berdasarkan tahun 2019 terhadap fasilitas dermaga (BOR), waktu efektif diDermaga dan sampai kapan dermaga dapat dimanfaatkan dan peninjauan hanya dikhususkan di dermaga penumpang.Dari hasil perhitungan didapatkan nilai BOR pada tahun 2019 sebesar 67.93% < 70% dengan panjang dermaga (400meter), maka nilai BOR pada tahun 2019 fasilitas yang ada di dermaga penumpang masih dapat digunakan secara optimal dalam penggunaannya. Pada hasil prediksi yang dilakukan menggunakan forecasting di Excel dari tahun 2020 sampai 2024 mendapatkan nilai BOR > 70%, maka Perlunyaapenambahan jam operasional dermaga penumpang yang sebelumnya 15 jam menjadi 18 jam perhari. Dengan menambah jam operasional BOR yang dihasilkan sesuai standard yang ditentukan yaitu lebih kecil atau sama dengan 70%

I Indonesia is an archipelago / maritim country where two-thirds of its territory is water and is located in a strategic location because it is located in the world trade route. As an archipelago, the role of ports is very vital in the Indonesian economy. Tanjung Perak Harbor is a port located in Surabaya, East Java. Tanjung Perak is the second largest and busiest port in Indonesia after Tanjung Priok Port and also as a trading center to the eastern part of Indonesia. Utilization of the use of the port is very influential on service performance and customer satisfaction on port performance that is fast and efficient. Therefore it is necessary to optimize the performance of the pier based on 2019 of the pier facility (BOR), the effective time at the pier and how long the pier can be utilized and the review is only devoted to the passenger dock. From the calculation resultsobtained a BOR value in 2019 of 67.93% <70% with length of the pier (400 meters), the BOR value in 2019 existing facilities at the passenger dock can still be used optimally in its use. On the results of predictions made using forecasting in Excel from 2020 to 2024 get a BOR value> 70%, then the need for additional passenger dock operating hours that were previously 15 hours to 18 hours per day. By increasing the BOR operating hours produced according to the specified standard which is smaller or equal to 70%

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?