DETAIL KOLEKSI

Faktor yang mempengaruhi minat berwisata kembali pada Wisata Perkotaan di Jakarta Pusat

5.0


Oleh : Muhammad Rizky Firdaus

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Marselinus Nirwan Luru

Pembimbing 2 : Wisely Yahya

Subyek : Tourist information centers

Kata Kunci : urban tourism, tourist destinations, attractions, accessibility, amenities, ancillary, tourists, int

Status Posting : Unpublished

Status : Lengkap

J Jakarta pusat merupakan tujuan urban torism yang banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Jakarta Pusat memiliki banyak jenis destinasi wisata perkotaan seperti wisata budaya, wisata belanja, wisata kuliner yang tersebar di beberapa tempat di kota Jakarta Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwisata kembali pada wisata perkotaan di Jakarta Pusat. Metode yang digunakan adalah Partial Least Square. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling, yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah seluruh orang atau individu dengan rentang umur 15 – 64 tahun yang berkunjung ke destinasi wisata di Jakarta Pusat. Data yang telah terkumpul lalu di analisis menggunakan model Partial Least Square (PLS).Hasil dari penelitian ini menunjukan pada keseluruhan destinasi wisata perkotaan yang ada di Jakarta Pusat (9 destinasi, 3 jenis) hanya variabel aksesibilitas yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata kembali. Khusus untuk wisata budaya variabel aksesibilitas dan ancillary yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata kembali. Khusus untuk wisata kuliner hanya variabel aksesibilitas yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata kembali. Khusus untuk wisata belanja hanya variabel amenitas yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berwisata kembali.

C Central Jakarta is a popular destination for urban tourism, attracting both domestic and international tourist. It offers various urban tourist attractions, including cultural, shopping, and culinary experiences scattered across different locations in Central Jakarta. The objective of this research is to identify the factors influencing the intention to revisit urban tourism destinations in Central Jakarta. The Partial Least Square method is employed for analysis, and accidental sampling is used to select participants, encompassing individuals aged 15 to 64 who visited tourist destinations in Central Jakarta. The collected data is then analyzed using the Partial Least Square (PLS) model.The results of this research indicate that, among the overall urban tourist destinations in Central Jakarta (9 destinations, 3 types), only the accessibility variable does not have a significant impact on the intention to revisit. Specifically, for cultural tourism, both the accessibility and ancillary variables do not significantly influence the intention to revisit. For culinary tourism, only the accessibility variable lacks a significant impact on the intention to revisit. Regarding shopping tourism, only the amenities variable has a significant influence on the intention to revisit.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?