DETAIL KOLEKSI

Hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan prestasi belajar pada siswa Sekolah Dasar Jakarta


Oleh : R. Rosmawa Rahmaynalda Sya'bana. A

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1659

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Magdalena Wartono

Subyek : Physical fitness;Academic success

Kata Kunci : physical fitness, academic achievement, gender.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_SKD_030001600122_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_SKD_030001600122_Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf
6. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf 12
7. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-5_Hasil-Penelitian.pdf
8. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2020_TA_SKD_030001600122_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2020_TA_SKD_030001600122_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2020_TA_SKD_030001600122_Lampiran.pdf

S Siswa Sekolah Dasar (SD) merupakan kelompok anak-anak yang sering mengalamiperubahan drastis baik secara mental maupun fisik. menurut KementerianKesehatan Indonesia, anak usia sekolah adalah anak-anak yang berusia 7-12 tahun.Beberapa penelitian menunjukkan adanya perbedaan kebugaran siswa laki-laki danperempuan dengan prestasi belajar.MetodePenelitian ini menggunakan studi observasional dengan Desain Cross Sectional.Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 01 Tomang Kota Administrasi JakartaBarat berjumlah 78 siswa yang memenuhi kriteria Inklusi dan Eksklusi. Analisisdata menggunakan Univariat dan Bivariat menggunakan SPSS 25.HasilSiswa laki-laki berjumlah 40 dan 38 perempuan. Penilaian TKJI untuk siswadikategorikan Baik berjumlah 25 (32,1%), TKJI siswa dikategorikan Sedangberjumlah 40 (51,3%), TKJI siswa dikategorikan Kurang berjumlah 8 (10,3%) danTKJI siswa dikategorikan Kurang sekali berjumlah 5 (6,4%). Siswa yangdikategorikan Prestasi Belajarnya Baik berjumlah 49 (62,8%) siswa dan siswa yangdikategorikan Prestasi Belajarnya Cukup berjumlah 29 (37,2%) siswa.Hubungan Jenis Kelamin dengan Prestasi Belajar didapat nilai p 0,683 (p > 0,05)dinyatakan tidak terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara jeniskelamin dengan prestasi belajar siswa. Hubungan TKJI dengan Prestasi Belajardidapat nilai p 0,018 (p < 0,05) dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan(bermakna) antara TKJI dengan prestasi belajar.KesimpulanTidak terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara jenis kelamin denganprestasi belajar siswa kelas V SDN 01 Tomang Kota Administrasi Jakarta Barat(p = 0,683). Terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara tingkatkebugaran dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN 01 Tomang KotaAdministrasi Jakarta Barat (p = 0,018).

E Elementary School Students are a group of children who often experience drasticchanges both mentally and physically, according to the Indonesian Ministry ofHealth, school-age children are children aged 7-12 years. Several studies haveshown the differences in the fitness of boys and girls students with AcademicAchievement.MethodThis research uses observational study with Cross Sectional Design. The sample ofthe research is the fifth grade students in SDN 01 Tomang, West JakartaMunicipality, totaling 78 students who meet the inclusion and exclusion criteria.Data analysis using Univariate and Bivariate using SPSS 25.ResultsThere are 40 boys students and 38 boys and girls students. TKJI assessments forstudents categorized as Good amounted to 25 (32,1%), TKJI assessments forstudents categorized as Medium amounted to 40 (51,3%), and TKJI assessments forstudents categorized as Less Good amounted to 40 (51,3%).Students categorized as Good Academic Achievement amounted to 49 (62.8%) andstudents categorized as Adequate Academic Achievement amounted to 29 (37.2%)students.Relationship between Gender and Academic Achievement obtained p-value 0,683(p > 0,05) stated there was no significant (meaningful) relationship between sexwith Academic Achievement. Relationship between TKJI and AcademicAchievement obtained p-value 0.025 (p <0.05) stated there is a significantrelationship (meaningful) between TKJI with Academic Achievement.ConclusionThere is no significant relationship between the gender and the AcademicAchievement of fifth grade students of SDN 01 Tomang, West Jakarta Municipality(p = 0,683). There is a significant relationship between the level of fitness and theAcademic Achievement of fifth grade students of SDN 01 Tomang, West JakartaMunicipality (p = 0,018)

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?