Pelatihan strategi penetapan harga UKM di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang
P Peran dan kontribusi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam pembangunan perekonomian nasional Indonesia telah terbukti nyata dan tidak diragukan lagi. Bukti atas peran UKM telah banyak dikemukakan oleh berbagai pihak melalui risset, publikasi dan berita di media massa. Menurut data sensus ekonomi , jumlah pelaku usaha di luar sektor pertanian mencapai 22,7 juta dimana 83,43 persen adalah usaha mikro dan sisanya 15,84 persen adalah usaha kecil. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah juga menyerap 89,98 persen dari 50 juta tenaga kerja yang bekerja di sektor ekonomi non pertanian (BPS dalam Hery D. Kurniawan, 2010). Selain dari itu UKM juga memiliki fleksibilitas yang tinggi jika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. UKM ini perlu perhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar. Secara umum tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah memberikan pelajaran tentang strategi penetapan harga yang baik untuk produk UKM secara umum dan meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta cukup antusias dan mau berpatisipasi aktif selama presentasi berlangsung. Setelah selesai presentasi, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi tentang masalah-masalah yang sering mereka hadapi