Analisis kinerja keuangan dan non-keuangan pada 3 perusahaan terbesar di industri apparel retail di Inggris untuk tahun 2018- 2022
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan dan non-keuangan dari 3perusahaan terbesar di industri ritel pakaian jadi di Inggris untuk tahun 2018-2022. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Cluster Random Sampling. Datadikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dari laporan tahunan dan laporankeberlanjutan perusahaan. Data diolah dengan menggunakan rasio keuangan, ESG(Environmental, Sosial, and Governance) Score, analisis PESTLE, dan Critical Success Factor.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan non-keuanganperusahaan ritel di Inggris pada tahun 2018-2022 menghadapi beberapa faktor yang membuatperusahaan-perusahaan tersebut harus beradaptasi mulai dari Pandemic Covid-19, brexit,pergeseran selera konsumen, perkembangan e-commerce, konsumen yang lebih peduliterhadap dampak lingkungan, gangguan rantai pasok, dan penurunan belanja konsumen. Hasilperbandingan kinerja keuangan dan non-keuangan sebelum pandemi covid-19, dan saat covid19 pada perusahaan sektor ritel pakaian jadi di Inggris tahun 2018-2022. Sebelum Covid-19perusahaan memiliki pertumbuhan yang stabil, ketergantungan pada toko fisik, rantai pasokanmeja, kesejahteraan karyawan, dan inisiatif keberlanjutan. Selama Covid-19 perusahaanmemiliki tantangan yang berbeda seperti penurunan pendapatan, lonjakan e-commerce, dangangguan rantai pasokan, tekanan keuangan, transformasi digital, dan keselamatan karyawan.Secara keseluruhan, pandemi Covid-19 memaksa perusahaan-perusahaan di sektor ritelpakaian untuk berubah dengan cepat dan mengubah strategi mereka agar dapat bertahan dalambisnis. Krisis ini menunjukkan betapa pentingnya untuk menjadi fleksibel, siap secara digital,dan memiliki rantai pasokan yang kuat. Perusahaan yang telah berinvestasi dalam kemampuandigital dan merangkul e-commerce akan lebih mampu menghadapi badai. Keberlanjutan danpraktik-praktik etis tetap penting, tetapi tetap bertahan dan melakukan perubahan pada operasimenjadi lebih penting lagi selama puncak pandemi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwadi antara ketiga perusahaan tersebut, Next plc memiliki kondisi keuangan yang stabil selamalima tahun terakhir, yang sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan jangka panjang diindustri ritel. Next juga telah membangun identitas merek yang kuat selama bertahun-tahun.Pengakuan ini membantu dalam membangun kepercayaan dan menarik pelanggan baru,sehingga lebih mudah untuk memperkenalkan produk baru atau berekspansi ke pasar baru.
T This study aims to analysis of the financial and non-financial performance of the 3largest companies in the united kingdom's apparel retail industry for 2018-2022. This researchuse a quantitative with Cluster Random Sampling. Data wa collected using documentation fromcompanies annual report and sustainability report. The data were processed using financialratios, ESG (Environmental, Sosial, and Governance) Score, PESTLE analysis, and CriticalSuccess Factor.The results of this study show that the financial and non-financial performance of retailcompanies in England in 2018-2022 faced several factors that made these companies have toadapt starting from Pandemic Covid-19, brexit, shifts in consumer tastes, e-commercedevelopments, customers who are more concerned about environmental impacts, supply chaindisruptions, and decreased consumer spending. The results of a comparison of financial andnon-financial performance before the Covid-19 pandemic, and during Covid-19 for companiesin the apparel retail sector in England in 2018-2022. Before Covid-19 companies had steadygrowth, reliance on physical stores, table supply chains, Employee well-being, andsustainability initiatives. During Covid-19 companies had different challenges such as Revenuedecrease, E-commerce surge, and supply chain disruptions, financial strain, Digitaltransformation, and employee safety. As a whole, the Covid-19 pandemic forced companiesin the clothing retail sector to change quickly and change their strategy in order to stay inbusiness. This crisis shows how important it is to be flexible, digitally ready, and have a strongsupply chain. Companies that have invested in digital capabilities and embraced e-commerceare better able to weather the storm. Sustainability and ethical practices remain important, butstaying afloat and making changes to operations becomes even more important during the peakof the pandemic. The results also show that between the three companies Next plc has had astable financial condition for the past five years, which is crucial for long-term success andgrowth in the retail industry. Next has also built a strong brand identity over the years. Thisrecognition helps in building trust and attracting new customers, making it easier to introducenew products or expand into new markets.