Pengaruh insentif fiskal pajak kendaraan bermotor, sosialisasi perpajakan, dan elektronik sistem administrasi manunggal satu atap terhadap kepatuhan wajib pajak dengan kesadaran wajib pajak sebagai variabel moderasi pada masa pandemi covid-19
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh insentiffiskal pajak kendaraan bermotor, sosialisasi perpajakan, dan sistem e-samsat terhadapkepatuhan wajib pajak dengan kesadaran wajib pajak sebagai variabel moderasi padamasa pandemi covid-19. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yangdiberikan kepada responden untuk dijawab. Metode sampel menggunakan teknikpurposive sampling. Dari populasi kendaraan aktif di wilayah kota Jakarta Selatansebanyak 1.182.322 wajib pajak, berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovindiambil sebanyak 100 wajib pajak. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitianini adalah analisisregresi moderasi (MRA). Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa insentiffiskal berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sosialisasiperpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sistem esamsat tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kesadaranwajib pajak berpengaruh positif siginifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kesadaranwajib pajak tidak memperkuat pengaruh insentif fiskal terhadap kepatuhan wajib pajak,kesadaran wajib pajak tidak memperkuat pengaruh sosialisasi perpajakan terhadapkepatuhan wajib pajak, dan kesadaran wajib pajak tidak memperkuat pengaruh sistem esamsat terhadap kepatuhan wajib pajak.
T This study aims to examine and analyze the effect of fiscal incentives for motor vehicletaxes, tax socialization, and the e-samsat system on taxpayer compliance with taxpayerawareness as a moderating variable during the Covid-19 pandemic. The data used isprimary data in the form of a questionnaire given to respondents to answer. The samplemethod uses a purposive sampling technique. Of the active vehicle population in the SouthJakarta city area, there are 1,182,322 taxpayers, based on calculations using the slovinformula, 100 taxpayers are taken. The analytical method used in this study is moderatedregression analysis (MRA). The results of hypothesis testing show that fiscal incentiveshave a significant positive effect on taxpayer compliance, tax socialization has asignificant positive effect on taxpayer compliance, the e-samsat system has no significantpositive effect on taxpayer compliance, taxpayer awareness has a significant positiveeffect on taxpayer compliance, awareness taxpayers do not strengthen the effect of fiscalincentives on taxpayer compliance, taxpayer awareness does not strengthen the effect oftax socialization on taxpayer compliance, and taxpayer awareness does not strengthen theeffect of the e-samsat system on taxpayer compliance.