Analisis kekuatan struktur penopang overhead crane kapasitas 2 x 20 ton
P Peran pesawat angkat sebagai alat pengangkat dan pemindah muatan sangatlah penting. Crane merupakan salah satu kelompok mesin yang termasuk dalam pesawat angkat. Jenis crane yang akan di analisis yaitu overhead crane. Dalam pemasangan overhead crane diperlukan konstruksi yang kuat pada penopang overhead crane supaya tidak terjadi kegagalan struktur. Studi kasus yang digunakan, pada sebuah bengkel akan dilakukan pemasangan overhead crane kapasitas 2 x 20 ton sehingga diperlukan proses analisis pada penopang dari overhead crane. Penopang overhead crane yang dimaksud terbatas pada kolom dudukan crane dan balok dudukan rel. Dalam proses analisis digunakan software berbasis metode elemen hingga. Berdasarkan hasil analisis static structural diperoleh tegangan von-mises terbesar pada kolom yaitu 81,104MPa dan pada balok dudukan rel yaitu 83,048 MPa. Deformasi total terbesar yang timbul pada kolom yaitu 2,4061 mm dan pada balok dudukan rel yaitu 11,021 mm. Material yang digunakan yaitu SS400 dengan yield strength sebesar 205 – 245 MPa. Bila dibandingkan dengan yield strength dari material SS400, tegangan yang timbul masih dalam batas aman dan rancangan aman untuk digunakan. Berdasarkan hasil analisis buckling, beban yang diberikan pada kolom masih lebih kecil dari beban kritis yang timbul, sehingga dapat disimpulkan kolom tidak mengalami kegagalan struktur akibat buckling.
T The role of lifting equipment in lifting and moving material is very important. Crane is one of the machines that included as lifting equipment. The type of crane will be analyzed is overhead crane. In the installation of overhead crane, a strong construction of the supports is required to prevent structure failure. The case study is in the workshop that will be installed an overhead crane capacity 2 x 20 ton so it required an analysis on the overhead crane supports. The supports are limited to crane’s column and runway beam. A software based on finite element method will be used to do the analysis. Based on the result of the static structural analysis, the maximum von-mises stress value on crane’s column is 81,104 MPa and runway beam is 83,048 MPa. The maximum total deformation value on crane’s column is 2,4061 mm and runway beam is 11,021 mm. The material used for crane’s column and runway beam is SS400, with yield strength value 205 – 245 MPa. Compared to the yield strength of SS400 material, the maximum stress is still in the safe zone and the design is safe to use. Based on the result of the buckling analysis, the load that applied on crane’s column still less than the critical load, which can be concluded that the crane’s column would not experience structural failure due to the buckling.