DETAIL KOLEKSI

Usulan strategi perusahaan untuk menjaga pangsa pasar kapal docking di PT. Pertamina perkapalan unit usaha dok sorong yos sudarso Jakarta dengan metode qspm

2.5


Oleh : Septian Dedriansyah

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Triwulandari

Subyek : Human resources;Market share;Shipping

Kata Kunci : proposed corporate strategy, docking ship market share, PT. Pertamina shipping

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_TI_06304205_1_Halaman-Judul.pdf
2. 2012_TA_TI_06304205_2_Bab-1.pdf
3. 2012_TA_TI_06304205_3_Bab-2.pdf
4. 2012_TA_TI_06304205_4_Bab-3.pdf
5. 2012_TA_TI_06304205_5_Bab-4.pdf
6. 2012_TA_TI_06304205_6_Bab-5.pdf
7. 2012_TA_TI_06304205_7_Bab-6.pdf
8. 2012_TA_TI_06304205_8_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2012_TA_TI_06304205_9_Lampiran.pdf

P PT. Pertamina Jasa Maritim Dok. Sorong merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan kapal dan penyewaan alat apung di wilayah timur Indonesia. Persaingan yang ketat di bidang perbaikan kapal, khususnya di wilayah timur Indonesia membuat Jasa Maritim Dok. Sorong bergerak cepat untuk menjadi yang terdepan, akan tetapi dalam perjalanannya ditemukan beberapa kendala baik itu dari faktor internal ataupun eksternal perusahaan. Diantara permasalahan yang ada adalah pesaing yang timbul dari pihak swasta untuk jasa perbaikan kapal dan kebijakan perusahaan yang membatasi Jasa Maritim Dok. Sorong dalam menentukan kebijakan perusahaan. Setelah dilakukan perhitungan dan analisa data yang di dapat dalam penelitian, maka ditemukan beberapa strategi yang dapat di gunakan perusahaan. Adapun dari analisa yang dilakukan kekuatan dan kelemahan bahwa yang mempengaruhi adalah sudah mempunyai fasilitas yang cukup tetapi belurn mempunyai sumber manusia yang cukup. Sedangkan dilihat dari hubungan faktor peluang dan ancaman, yang mempengaruhi adalah kepercayaan konsurnen terhadap perusahaan akan tetapi harga perbaikan yang cukup tinggi. Akhirnya didapatkan usulan strategi yang tepat yaitu dengan menerapkan Strategi Penetrasi Pasar, yang diperoleh dengan menggunakan metode matriks IFE dan EFE, lalu di lanjutkan dengan mencari hubungan antara faktor kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dengan matriks SWOT dan terakhir difonnulasikan stretegi yang tepat dengan menggunakan matriks QSPM, dengan bobot total skor tertinggi 6.502.

P PT. Pertamina Maritime Service Doc. Sorong is a company engaged in ship repair and rental equipment rental in eastern Indonesia. The intense competition in ship repair, especially in eastern Indonesia, makes Maritime Services Doc. Sorong moved quickly to be the leader, but on the way found some obstacles either from internal or external factors company. Among the issues are competing competitors from private parties for ship repair services and company policies that limit Maritime Services Docks. Sorong in determining company policy. After the calculation and analysis of data in can in the research, then found some strategies that can be used company. The analysis of the strengths and weaknesses that affect is already have enough facilities but belurn has enough human resources. While seen from the relationship of opportunity and threat factors, which affects the consumer's confidence in the company but the price of improvement is quite high. Finally, the right strategy is proposed by applying Market Penetration Strategy, which is obtained by using IFE and EFE matrix method, and then continue by looking for correlation between weakness factor, strength, opportunity and threat with SWOT matrix and finally the right stretegi using the matrix QSPM, with the highest total score of 6,502.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?