Hubungan antara pengetahuan dan perilaku terhadap kecantikan gigi : penelitian ini dilakukan pada ibu-ibu Kompleks Perumahan Gading Nirwana, Kelapa Gading (laporan penelitian)
Nomor Panggil : 150 IRE h
Penerbit : FKG - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2007
Pembimbing 1 : Prof. Dr. drg. Tritana Ghondoyoewono, M. Psi., Ph.D.
Subyek : Dentistry - Psychology;Dentistry - Dental and oral health
Kata Kunci : knowledge, attitude, mothers, esthetic dentistry
Status Posting : Published
Status : Tidak Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2007_TA_KG_04004101_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-1.pdf | ||
3. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-2.pdf |
|
|
4. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-3.pdf |
|
|
5. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-4.pdf |
|
|
6. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-5.pdf |
|
|
7. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-6.pdf |
|
|
8. | 2007_TA_KG_04004101_Bab-7.pdf |
|
|
9. | 2007_TA_KG_04004101_Daftar-Pustaka.pdf | ||
10. | 2007_TA_KG_04004101_Lampiran.pdf |
|
P Pengetahuan merupakan penjelasan atau informasi yang diperoleh manusia dan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi perilaku seseorang. Seseorang yang memiliki pengetahuan yang tinggi tentang kecantikan gigi cenderung memberikan dampak positif pada perilaku seseorang dalam menjaga kecantikan giginya. Penelitian ini dilakukan pada Ibu-ibu Kompleks Perumahan Gading Nirwana, Kelapa Gading. Kuesioner yang disebarkan berisi 40 pertanyaan tentang pengetahuan dan 31 pernyataan tentang perilaku. Uji validitas dan reliabilitas pada perilaku dilakukan pada kuesioner pertama pada 30 orang dengan 40 pernyataan. Berdasarkan uji validitas, dari 40 butir pernyataan terdapat 9 butir yang tidak valid dan 31 pernyataan yang valid. Sedangkan uji reliabilitas didapatkan nilai alpha(α) = 0,876 yang menunjukan bahwa kuesioner tersebut tergolong handal. Uji analisa dilakukan pada hasil kuesioner yang kedua menggunakan uji korelasi Pearson pada 100 responden dengan 40 pertanyaan pengetahuan dan 31 pernyataan perilaku. Berdasarkan uji tersebut ternyata didapat hubungan yang positif antara pengetahuan dan perilaku.