DETAIL KOLEKSI

Usulan peningkatan kepuasan pelanggan produk ban gt.radial di PT.Gajah Tunggal


Oleh : Aditya Prima Pradana

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2010

Pembimbing 1 : Andri Bagyo

Subyek : Customer services - Quality control

Kata Kunci : customer satisfaction, gt. radial tire, products

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2010_TA_STI_06302231_Halaman-Judul.pdf
2. 2010_TA_STI_06302231_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2010_TA_STI_06302231_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2010_TA_STI_06302231_Bab-2_Landasan-Teori.pdf
5. 2010_TA_STI_06302231_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2010_TA_STI_06302231_Bab-4_Pengolahan-Data.pdf
7. 2010_TA_STI_06302231_Bab-5_Analisa.pdf
8. 2010_TA_STI_06302231_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2010_TA_STI_06302231_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2010_TA_STI_06302231_Lampiran.pdf

P PT. Gajah Tunggal Tbk ("GT") merupakan salah satu produsen ban terintegrasi terbesar di Asia Tenggara. Sebagai salah satu produsen ban, PT. Gajah Tunggal Tbk yang dalam kegiatan operasionalnya memproduksi ban dari bahan mentah menjadi ban utuh sampai mendistribusikan kepada agen dan konsumen langsung, berupaya menjadi perusahaan yang berkualitas dan pioner di bidangnya. Adapun pokok permasalahan dimana perusahaan ingin mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk ban yang dihasilkan oleh perusahaan, sehingga perusahaan dapat memenuhi keinginan pelanggan dengan harapan tingkat loyalitas pelanggan terhadap produk yang dihasilkan akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk ban yang dihasilkan PT Gajah Tunggal Tbk. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey sebanyak 100 responden pembeli ban merek GT Radial pada outlet TireZone dari PT. Gajah Tunggal Tbk di DKI Jakarta. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Elemen kualitas yang telah memenuhi kepuasan pelanggan merupakan elemen-elemen kualitas yang berada pada kuadran B. Pada kuadran ini merupakan kuadran dimana perusahaan telah memiliki prestasi yang bagus dalam peningkatan kualitas ban, sehingga dengan adanya prestasi tersebut, maka perusahaan perlu mempertahankan prestasinya. Pada kuadran ini cukup banyak atribut-atribut kualitas yang berada di kuadran ini, sehingga prestasi yang sangat bagus telah tercapai bagi perusahaan karena banyakanya atribut tersebut. Pada kuadran ini merupakan kuadran dimana konsumen telah terpenuhi kepuasannya, karena harapan akan kualitas telah dicapai dengan prestasi kualitas produk ban yang dihasilkan perusahaan. Adapun atribut-atribut tersebut adalah: PQ1: Reputas PT Gajah Tunggal, PQ2: Diakui masyarakat pengguna, PQ3: Berkualitas dibandingkan pesaingnya, Sv3: Mudah dijumpai di berbagai tempat, Dul : Awet digunakan, Du3: Awet disegala cuaca, Pfl : Ban yang nyaman digunakan, Pf2: Ban yang kuat, Rel: Tahan jalan terjal, Reg: Tahan akan benturan, Re3: Tahan akan jalan licin; (2). Upaya-upaya yang perlu dilakukan adalah pada atribut yang berada pada Kuadran A, yaitu Jaminan Purna Jual. Artinya perusahaan hams memperhatikan bagaimana pelanggan merasakan adanya jaminan purna jual atas ban yang telah dibeli. Misalnya garansi ban pecah bila dalam tempo yang singkat, atau jaminan penukaran barang bila ban yang dibeli tidak sesuai dengan standar perusahaan, SNI atau standar internasional.

P PT. Gajah Tunggal Tbk ( "GT") is one of the largest integrated tire manufacturer in Southeast Asia. As one tire manufacturer, PT. Gajah Tunggal Tbk is in operation producing tires from a tire raw materials to distribute to the whole agency and direct customers, seeks a qualified company and pioneer in the field. The point where the company wants to know the level of customer satisfaction of products produced by the tire company, so the company can meet customers' desires in the hope that the level of customer loyalty to the product will increase. This study aims to measure customer satisfaction against the quality of tires produced products of PT Gajah Tunggal Tbk. This research was conducted by survey method as much as 100 respondents buyers GT Radial brand tires on TireZone outlets from PT. Gajah Tunggal Tbk in Jakarta. The research results are as follows: (1). Elements that have high customer satisfaction are the quality elements that are in quadrant B. In this quadrant is the quadrant where the company already has a good performance in improving the quality of tires, so the existence of these achievements, the company needs to maintain his performance. In this quadrant enough quality attributes that are in this quadrant, which is a very good performance has been achieved for the company because banyakanya these attributes. In this quadrant is the quadrant where the customer has fulfilled his satisfaction, because the expectation has been achieved with high quality performance tires produced products company. The attributes are: PQ1: Reputas PT Gajah Tunggal, PQ2: Recognized by the user community, PQ3: Qualified than its competitors, Sv3: Easily found in various places, Dui : Autos used, Dui: Autos in all weather, Pfl: Ban the comfortable used, Pf2: Ban the strong, Rel: Hold the steep road, Re2: Resistant to impact, Re3: Hold to an icy road; (2). The efforts that need to be done is the attributes that are in Quadrant A, the After Sales Guarantee. This means that companies must pay attention to how customers feel any after-sale warranty on tires that have been purchased. For example if the flat tire warranty within a short period, or exchange guarantee if the goods are not bought tires in accordance with company standards, SNI or international standards.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?