Usulan pengembangan kualitas produk pelumas dengan Metode Quality Function Deployment pada PT. Federal Karyatama
D Dalam perkembangan masa teknologi ini, persaingan pasar semakin hari semakin ketat. PT Federal Karyatama , sebagai salah satu perusahaan pengemas swasta minyak lumas dengan merek Federai Oil merasa perlu mengambil bagian dalam persaingan ini. Menurut data statistik yang dimiliki PT Federal Karyatarna , angka penjualan rnemang mengalami peningkatan. Setelah diteliti , ternyata peningkatan penjualan ini sebanding dengan peningkatan jumlah pengguna kendaraan bermotor. Ini berarti sesungguhnya perusahaan justru tidak mengalarni peningkatan penjualan. Untuk itulah PT Federal Karyatama merasa perlu untuk meningkatkan lagi usahanya .Satu hal yang menjadi tujuan utama Federal Karyatama adalah meningkatkan penjualan , di mana yang menjadi sasaran penjualan adalah konsumen. Produk seperti apa yang dianggap baik? Baik menurut perusahaan belum tentu baik menurut konsumen. Maka itu Federal Karyatama periu memahami apa yang sebetulnya diinginkan dan dibutuhkan konsumen.Menyadari adanya masalah yang dihadapi perusahaan , maka diadakan penelitianuntuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen akan produk pelumas . Dari hasil penelitian, diharapkan akan menghasilkan suatu usulan pengembangan kualitas produk yang dapat menunjang produksi PT Federal Karyatama. Penelitian ini menggunakan suatu tools, yaitu Quality Function Deployment (QFD). Pelaksanaan QFD ini berawal dari konsumen. QFD ini digunakan untuk mengidentifikasikan kebutuhan konsumen, kepuasan konsumen, tingkat kepentingan antar atribut kebutuhan, hlngga akhirnya diperoleh suatu pernikiran akan rencana pengembangan suatu kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap beberapa merk pelumas, mengidentifikasi karakteristik konsumen pelumas , hlngga dicapai suatu rencana pengembangan kualitas produk pelumas.Berdasarkan hasil penelitian , dinyatakan bahwa pesaing utama Federal Oil adalah Top One dan Pennzoil. Mayoritas konsumen memiliki alasan utama ketika memilih pelumas adalah faktor promosi yang menarik . Tiga hal yang utama dianggap penting oleh konsumen dalam memilih pelumas terletak pada keamanan terhadap pemalsuan , mudah diperoleh, dan pelumas mampu menjaga kebersihan mesin. Usulan-usulan terhadap PT Federal Karyatama dalam rnengembangkan kualitas produk pelumasnya antara lain meningkatkan kualitas spesifikasi produk, mencari komposisi zat aditif yang lebih baik, memberikan iklan yang sifatnya edukatif, dan mengupayakan target karakteristik teknik pelumas berdasarkan matriks QFD.
I In blooming of technology , business competition is more strict. PT Federal Karyatama, as the one of many company that moves on packaging lubricant oil Federal Oil, takes a chance in this competition. Based on PT Federal Karyatama's statistics report, the turnover value is increase. Apparently, the increase of turnover value is comparable with the increase of vehicles count It means the real is, the company doesn't get any increase of turnover value. So that, PT Federal Karyatama needs to increase the effort.One thing that become a purposes of Federal Karyatama is gets more increase in rturnover value, which the main target is consumers. What product that looks like very good? Good for the company, doesn't mean it's good for the consumers. In this case, Federal Karyatama must be know and understand about the consumers need s.Realize this problem in company, there's executed a research for knowing thecostumer needs of lubricant oiL From this research, expected to make a product quality development proposal which can help PT Federal Karyatama' s production. The research used a tools named Quality Function Deployment (QFD). The starting point of QFD implementation is consumers. QFD used to identifying costumer needs, customer satisfaction, customer importance, up to reach a planning of product quality developmentBased on the research, that explained Federal Oil's main competitors are Top One and PennzoiL Majority, consumers's reason when choosing an oil is about interesting promotion. Three main things were important to consumers are safety of counterfeiting,easy gets, and the oil is available to make the machine still clean. Suggestions for PT Federal Karyatama in developing of the product quality are increasing spesification product quality, finding more better adittive substances composition, giving some educative advertisement, and strive for oil technique characteristic targets based on QFD matrix.