DETAIL KOLEKSI

Pengaruh penambahan zat aditif pelumas terhadap viskositas pelumas, performa dan emisi gas buang sepeda motor Honda CB 150r

5.0


Oleh : Supri Adi S

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Rosyida Permatasari

Subyek : Lubrication and lubricants

Kata Kunci : lubricant, engine additive, viscosity, torque, energy, emission

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_STM_061001500514_Halaman-Judul.pdf
2. 2019_TA_STM_061001500514_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2019_TA_STM_061001500514_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2019_TA_STM_061001500514_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2019_TA_STM_061001500514_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf
6. 2019_TA_STM_061001500514_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2019_TA_STM_061001500514_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2019_TA_STM_061001500514_Daftar-Pustaka.pdf

K Kontak mekanik adalah hal yang tidak bisa dihindari pada permesinan,sehingga untuk meminimalkan keausan akibat kontak mekanik adalah dengan cara memberikan pelumas pada sistem tersebut. Ketahanan pelumas terhadap temperatur sangat dipengaruhi oleh jenis bahan dasar pelumas dan zat aditif yang terkandung dalam pelumas tersebut. Zat aditif minyak pelumas dapat didefinisikan sebagai senyawa yang dapat memperbaiki atau menguatkan spesifikasi atau karakteristik pelumas tersebut. Penambahan zat aditif diharapkan berdampak pada kinerja kendaraan yang lebih baik. Pelumas yang digunakan pada penelitian ini adalah pelumas bermerek MPX 1 (Maximum Protection Expert) dan zat aditif yangdigunakan adalah Engine Additive (EA) bermerek Lupromax. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan zat aditif EA terhadap viskositas, performa mesin dan emisi gas buang motor Honda All New CB 150Rtahun 2016. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa campuran dengan komposisi EA5.25% (Pelumas 1200 ml ditambah 63 ml zat aditif EA) lebih baik dari komposisilainnya. Nilai viskositas menurun menjadi 66.56 mm2/s pada suhu 40°C dan 9.9mm2/s pada suhu 100°C, daya dan torsi mesin meningkat menjadi 14.5 kW @9000rpm dan 12.23 Nm @7000 rpm serta menurunkan kadar CO menjadi 0.44% Voldan menurunkan kadar HC menjadi 196 ppm.

M Mechanical contact is something that cannot be avoided in machinery,so minimizing of wearing due to contact is providing lubrication to the system. Theresistance of lubricants to temperature is strongly influenced by the type oflubricant base material and the additives contained in the lubricant. Lubricating oiladditives can be defined as compounds that can repair or strengthen oil basedspecifications or characteristics of oil. Addition of additives is expected to have animpact on better vehicle performance. The lubricants used in this study are MPX 1branded lubricants (Maximum Protection Expert) and the additives used areLupromax branded Engine Additive (EA). This study aims to analyze the effect ofthe addition of EA additives on viscosity, engine performance and exhaustemissions of the All New CB 150R Honda motorcycles in 2016. The resultsshowed that the mixture with EA 5.25% composition (1200 ml lubricant plus 63 mlEA additives) better than other compositions, the value of viscosity decreased to66.56 mm2 / s at 40 ° C and 9.9 mm2 / s at 100 ° C, power and torque increased to14.5 kW @ 9000 rpm and 12.23 Nm @ 7000 rpm and reduced CO levels to 0.44%Vol and reduced HC levels to 196 ppm.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?