Pengaruh musik klasik terhadap tingkat kecemasan mahasiswa di fakultas kedokteran gigi universitas trisakti
Nomor Panggil : 614 NIS p
Penerbit : FKG - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Mita Juliawati
Subyek : Public Health
Kata Kunci : anxiety, classical music, students, exams, Faculty of Dentistry.
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2025_SK_SIG_040002000068_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2025_SK_SIG_040002000068_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | 1 | |
3. | 2025_SK_SIG_040002000068_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | 1 | |
4. | 2025_SK_SIG_040002000068_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
5. | 2025_SK_SIG_040002000068_Lembar-Pengesahan.pdf | 1 | |
6. | 2025_SK_SIG_040002000068_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | 1 | |
7. | 2025_SK_SIG_040002000068_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | 1 | |
8. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-1.pdf | ||
9. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-2.pdf |
|
|
10. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-3.pdf |
|
|
11. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-4.pdf |
|
|
12. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-5.pdf |
|
|
13. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-6.pdf |
|
|
14. | 2025_SK_SIG_040002000068_Bab-7.pdf | ||
15. | 2025_SK_SIG_040002000068_Daftar-Pustaka.pdf | ||
16. | 2025_SK_SIG_040002000068_Lampiran.pdf | 14 |
|
K Kecemasan merupakan respons psikologis yang sering dialami oleh mahasiswa, terutama dalam menghadapi ujian, yang dapat memengaruhi kinerja akademik. Berbagai faktor seperti situasi ujian, pengalaman pribadi, dan kondisi fisik dapat memperburuk tingkat kecemasan. Salah satu intervensi yang dianggap dapat mengurangi kecemasan adalah terapi musik klasik. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh musik klasik terhadap kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi. Metode: Penelitian pre-eksperimental yang dilakukan pada mahasiswa FKG Usakti Angkatan 2024 sebanyak 167 mahasiswa. Responden mengisi kuesioner ZSAS sebelum dan sesudah diberikan intervensi musik klasik. Hasil: Berdasarkan kuesioner ZSAS terdapat perbedaan kecemasan mahasiswa sebelum dan susudah diberi intervensi musik klasik. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa musik klasik dapat menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa.
A Anxiety is a psychological response commonly experienced by students, especially when facing exams, which can affect academic performance. Various factors such as the exam situation, personal experiences, and physical condition can exacerbate anxiety levels. One intervention believed to reduce anxiety is classical music therapy. Objective: To examine the effect of classical music on the anxiety levels of Faculty of Dentistry students. Methods: A pre-experimental study was conducted on 167 students from the 2024 batch of the Faculty of Dentistry at Universitas Trisakti. Respondents filled out the ZSAS questionnaire before and after the classical music intervention. Results: Based on the ZSAS questionnaire, there was a significant difference in anxiety levels before and after the classical music intervention. Conclusion: This study indicates that classical music can reduce anxiety levels in students.