Faktor yang mempengaruhi wajib pajak orang pribadi pelaku usaha menggunakan konsultan pajak
P Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruhpengetahuan perpajakan, motivasi Wajib Pajak, ketegasan sanksi perpajakan,kualitas pelayanan otoritas pajak dan persepsi tentang konsultan pajak terhadapketertarikan penggunaan jasa konsultan pajak pada orang pribadi di DKI Jakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku Usaha yangberada di DKI Jakarta.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknikpengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan membagikuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi di DKI Jakarta. Sampel yangdigunakan pada penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di DKI Jakartayang memiliki usaha. Jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi yang dijadikan sampeldalam 120 Wajib Pajak. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisisregresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi Wajib Pajak dan persepsitentang konsultan pajak berpengaruh positif terhadap ketertarikan penggunaan jasakonsultan pajak. Pengetahuan perpajakan, ketegasan sanksi perpajakan dan kualitaspelayanan otoritas pajak tidak berpengaruh positif terhadap ketertarikanpenggunaan jasa konsultan pajak.
T This study aims to obtain empirical evidence about the effect of tax knowledge,taxpayer motivation, tax sanctions, the quality of tax service officer and perceptionsof tax consultants on the use of tax consultant services for individuals in DKIJakarta. Jakarta.This research method uses quantitative methods with sample collectiontechniques using purposive sampling method by distributing questionnaires toindividual taxpayers in DKI Jakarta. The sample used in this study is an individualtaxpayer in DKI Jakarta who has a business. Number of Individual Taxpayerssampled in 120 Taxpayers. The method of analysis in this study using multipleregression analysis.The results of this study indicate that taxpayer motivation and perceptions oftax consultants have a positive effect on interest in using tax consultant services.Knowledge, tax sanctions and the quality of tax services don’t have a positive effecton the interest in using tax consultant services.