DETAIL KOLEKSI

Analisis pengaruh grade jalan pada proses pemindahan overburden terhadap konsumsi solar alat angkut komatsu HD785-7 di PT Adaro Indonesia, Kalimantan Selatan


Oleh : Boy Binsar Hamonangan

Info Katalog

Nomor Panggil : 635/TT/2019

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Hermanto Saliman

Pembimbing 2 : Mixsindo K. H.

Subyek : Motor fuels - Testing;Automobiles - Fuel consumption

Kata Kunci : overburden, grade road, fuel consumption, overall grade, hauling road distance, fuel ratio.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_TB_073001400020_Halaman-Judul.pdf 16
2. 2019_TA_TB_073001400020_Bab-1.pdf 4
3. 2019_TA_TB_073001400020_Bab-2.pdf
4. 2019_TA_TB_073001400020_Bab-3.pdf
5. 2019_TA_TB_073001400020_Bab-4.pdf
6. 2019_TA_TB_073001400020_Bab-5.pdf
7. 2019_TA_TB_073001400020_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2019_TA_TB_073001400020_Lampiran.pdf

P Penelitian ini dilakukan di PT Adaro Indonesia. Pada penelitian ini evaluasi yang dilakukan adalah membandingkan konsumsi bahan bakar alat angkut yang dikonsumsi tiap hari terhadap jam kerja alat berdasarkan hourse meter danpengambilan data dari lokasi refueling. Analisis yang dilakukan adalah melihatpengaruh grade jalan dan jarak angkut terhadap konsumsi bahan bakar dump truck.Alat angkut yang digunakan untuk mengangkut material overburden adalah dumptruck HD785-7. Dari pengamatan langsung di lapangan didapatkan bahwa semakinbesar nilai kemiringan jalan maka akan mempengaruhi waktu siklus alat sehinggakonsumsi bahan bakar alat akan angkut semakin meningkat. Penelitian dilakukanterhadap dua jalan angkut yaitu dari front Boundary A1 menuju Disposal S56 danfront Boundary J3 menuju IPD Ramp.Berdasarkan data aktual, hasil didapatkan data pemakaian bahan bakar alatangkut mengalami peningkatan dikarenakan grade overall yang berbeda dari tiapjalan angkut yang diamati. Konsumsi bahan bakar dari Boundary A1 menujuDisposal S56 sebesar 65,28 l/jam, sedangkan dari Boundary J3 menuju IPD Rampsebesar 73,71 l/jam. Grade overall pada Boundary A1 menuju Disposal S56 sebesar2,87% dan Boundary J3 menuju IPD Ramp sebesar 4,02%. Untuk jarak tempuh dariBoundary A1 menuju Disposal S56 yaitu 3,2 km dan dari Boundary J3 menuju IPDRamp yaitu 3,8 km. Berdasarkan data pengamatan langsung dilapanganproduktivitas dump truck pada masing-masing hauling road adalah 145,35 bcm/jamdan 138,34 bcm/jam sehingga fuel ratio yang dihasilkan dari masing-masinghauling road sebesar 0,45 l/bcm dan 0,53 l/bcm.

T This research was conducted in PT Adaro Indonesia. In this study an evaluationwas conducted to compare the fuel consumption of transport tools consumed eachday against hours of work tools based on hourse meters and data retrieval from therefueling. The analysis does is look at the influence of the grade of the road andtransport distances against the dump truck fuel consumption. Tool carrier used totransport overburden material is a dump truck HD785-7. From direct observationin the field is obtained that the larger the value of the slope of the road then it willaffect the time cycle of the tool so that the tool will fuel consumption increasingtransport. Research done to transport two streets from the front Boundary A1towards Disposal S56 and front Boundary J3 towards IPD Ramp.Based on actual data, consumption data obtained as a result of fuel transporttool has increased due to a different overall grade of each road transport isobserved. Fuel consumption from the Boundary A1 towards Disposal S56 is 65,28l/hour, while from Boundary J3 towards IPD Ramp is 73,71 l/hour. Overall gradeon the Boundary A1 towards Disposal S56 is 2,87% and Boundary J3 towards IPDRamp is 4,02%. Hauling road distance from Boundary A1 towards Disposal S56 is3,2 km and from Boundary J3 towards IPD Ramp is 3,8 km. based on directobservation data in field productivity tool on each of the fronts is 145,35 bcm/h and138,34 bcm/hour so fuel ratio resulting from each hauling road of 0,45 l/bcm and0,53 l/bcm.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?