DETAIL KOLEKSI

Hubungan tingkat pendidikan dan kebiasaan merawat diri dengan pengendalian hipertensi pada lansia

0.5


Oleh : Citra Farisa

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1551

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Purnamawati Tjhin

Subyek : Hypertension

Kata Kunci : controlling hypertension in elderly, education level, self-care, age, gender.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_SKD_03012058_Halaman-judul.pdf
2. 2019_TA_SKD_03012058_Pengesahan.pdf 1
3. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-1_Pendahuluan.pdf 4
4. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf
5. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf
6. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-4_Metode.pdf
7. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2019_TA_SKD_03012058_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2019_TA_SKD_03012058_Daftar-pustaka.pdf 4
11. 2019_TA_SKD_03012058_Lampiran.pdf

P Pada usia lanjut (lansia) hipertensi adalah penyakit yang paling sering yaitu seki-tar 75% penderita hipertensi adalah lansia, walaupun Riskesdas mencatat terjadi penurunan penderita hipertensi di Indonesia dari 31,7% pada tahun 2007 menjadi 25,8% pada tahun 2013. Hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi sep-erti penyakit jantung koroner, stroke, penyakit gagal jantung, dan penyakit gagal ginjal. Pencegahan dan upaya meminimalisir dampak dari hipertensi dapat dil-akukan dengan upaya merawat diri (self care). Penelitian ini bertujuan menilai hubungan tingkat pendidikan dan kebiasaan merawat diri dengan hipertensi pada lansia.METODEPenelitian merupakan studi observasional dengan desain potong-lintang yang menggunakan data primer 41 lansia dengan hipertensi di Sasana Tresna Werdha Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan Cibubur, Jawa Barat. Data usia, jenis ke-lamin, tingkat pendidikan diperoleh melalui wawancara dan form data diri. Data kebiasaan merawat diri diperoleh melalui kuisioner H-SCALE rekomendasi me-rawat diri hipertensi dari joint national committee 7. Status hipertensi diukur dengan tensimeter digital merk Omron dalam waktu 1x24 jam. Analisis data dil-akukan menggunakan SPSS for Mac versi 23 dan tingkat kemaknaan 0,05.HASILUji Chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara usia (p=0,577) dan jenis kelamin (p=0,067) dengan hipertensi. Uji fisher’s juga menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan (p=0.419) dan kebiasaan merawat diri (p=0.414) dengan hipertensi.KESIMPULANTidak adanya hubungan bermakna antara tingkat pendidikan, merawat diri, usia, dan jenis kelamin dengan hipertensi.

I In elderly, hypertension is the most common disease, 75% of people with hyper-tension are elderly, although, Riskesdas noted a hypertension prevalence in Indo-nesia decreased from 31.7% in 2007 to 25.8% in 2013. Hypertension leads to cor-onary heart disease, stroke, heart failure, and kidney failure. Prevention and effort to minimize the impact of hypertension can be done with self-care behavior. This study aims to assess the relationship between education level and self-care behav-ior with hypertension in elderly.METHODThis study is an observational study with a cross-sectional design which included 41 elderly people with hypertension at Sasana Tresna Werdha, Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan, Cibubur, West Java. Data collected by filling out ques-tionnaires H-SCALE measurement tool for Self-Care Activity Recommended by Joint National Committee 7 and conducting 1x24 hour blood pressure test using digital sphygmomanometer. Data analysis using SPSS for Mac version 23 and the level of significance used is 0.05.RESULTSChi-square test showed no significant relationship between age (p=0.577) and gender (p=0.413) with hypertension. Fisher’s test also showed no significant rela-tionship between education level (p=0.419) and self-care behavior (p=0.414) with hypertension.CONCLUSIONThere are no significant relationship between education level, self-care, age, and gender with hypertension in elderly.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?